Mitsubishi Indonesia Siapkan Xpander Cross Facelift

Kompas.com - 09/06/2022, 16:14 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara diam-diam, Mitsubishi Indonesia ternyata sudah mendaftarkan desain terbaru kendaraan berjenis SUV yang diduga sebagai Xpander Cross.

Bocoran tersebut tercantum dalam dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham dengan nomor permohonan A00202104139, yang dipatenkan sejak 17 Desember 2021.

Tidak hanya tampang depan saja, Mitsubishi juga sudah mendaftarkan paten komponen grill dan bumper atas model yang sama.

Baca juga: Alasan Kenapa Posisi Tutup Tangki BBM Mobil Berbeda-beda

Gambar paten yang diduga model facelift Mitsubishi Xpander Cross dari laman indonesia.dgip.go.iddok.Kemenhumkam Gambar paten yang diduga model facelift Mitsubishi Xpander Cross dari laman indonesia.dgip.go.id

Dari sketsa keseluruhan, tampak mirip Xpander, namun ada perbedaan pada bagian bumper depan dan belakang. Sehingga mengarah kepada pembaruan Xpander Cross.

Mengingat, Xpander dan Xpander Cross awalnya menggunakan desain wajah yang sama. Tetapi ketika diremajakan pada November 2021 lalu, hanya Xpander saja yang memakai desain eksterior baru.

Sementara Xpander Cross mendapatkan hanya mendapatkan ubahan pada bagian interior dan fiturnya sehingga lebih fungsional.

Dugaan itu diperkuat dengan bentuk grill yang sarat akan model terkini dari Mitsubishi, dengan bagian atasnya menggunakan bilah horizontal serta bumper seolah menyatu dengan kisi-kisi depan (Dynamic Shield).

Kemudian tampak bahwa mobil akan memiliki rumah lampu baru seperti huruf T tidur, yang disebut T-shaped headlights. Sehingga tampak mobl menjadi lebih sporty.

Baca juga: Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik, Konsorsium LG Suntik Dana Rp 142 Triliun

Mitsubishi Xpander Cross 2021 KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander Cross 2021

Pada bagian samping, lekukan dari pintu depan hingga ke ujung belakang tetap sama. Untuk menegaskan kekokohan khas SUV, Mitsubishi melapisi tubuh dengan over fender dan body moulding.

Beralih ke bagian belakang, rumah lampunya jadi sedikit beda dengan lengkungan berbentuk huruf L. Lantas di bawahnya, ada sepasang reflektor vertikal di kedua sisi

Sayangnya pada dokumen tersebut belum tercantum desain interiornya. Kemungkinan akan mengalami sedikit perubahan sejalan dengan fitur keselamatan dan kenyamanannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.