Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mundur Akhir Musim 2022, Suzuki Terus Mengembangkan GSX-RR

Kompas.com - 09/06/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki sudah memutuskan untuk mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022. Meski demikian, tim pabrikan asal Jepang ini tetap semangat untuk bisa tampil semaksimal mungkin.

Suzuki membuktikannya dengan tetap mengikuti sesi tes resmi yang digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Bahkan, Suzuki juga menguji dua fairing baru untuk GSX-RR.

Baca juga: Bos Suzuki Ecstar Rekomendasikan Mir ke Honda

"Kami menunjukkan hari ini bahwa kami masih mengimplementasikan barang baru sesuai dengan rencana awal tes yang ditetapkan pada awal 2022, dan fakta bahwa Suzuki akan mundur tidak mengubah itu," ujar Livio Suppo, Manajer Tim Suzuki, dikutip dari Crash.net, Rabu (8/6/2022).

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Sisi aerodinamika adalah satu-satunya area di mana pengembangan Suzuki pada musim dingin tidak sesuai rencana. Suzuki lanjut dengan winglet 2021 untuk musim ini.

Musim ini, Suzuki masih diizinkan untuk memperbarui desain fairing satu kali. Untuk sesi tes ini, hanya Joan Mir yang menguji fairing, karena Alex Rins cedera.

Baca juga: Joan Mir Tidak Takut Jika Harus Satu Tim dengan Marc Marquez

Mir menyelesaikan 55 lap untuk menguji kedua fairing dan membandingkannya dengan yang sekarang, serta meningkatkan kemampuan GSX-RR saat masuk tikungan.

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

"Hal yang utama adalah memahami masalah kami saat masuk tikungan dan kami bekerja di arah yang benar. Ditambah, kami mencoba beberapa fairing baru dari Suzuki," kata Mir.

Menurut Mir, fairing yang dibawa Suzuki sudah bagus dan dirinya yakin bisa mendapat keuntungan dari fairing tersebut. Mir juga ingin menggunakan fairing baru tersebut untuk balapan berikutnya.

Pebalap SUZUKI ECSTAR, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).GARRY LOTULUNG Pebalap SUZUKI ECSTAR, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Manajer Teknis Suzuki Ken Kawauchi, mengatakan, fokus utama pada pengetesan ini adalah paket aerodinamika. Selain itu, ada juga peningkatan pada sasis dan lainnya yang membuat motor menikung lebih baik.

"Kami merasa sangat optimistis untuk seri-seri berikutnya, dan kami tidak akan berhenti hingga akhir," ujar Kawauchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com