Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuaca Esktrem, Hindari Parkir Mobil di 3 Lokasi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan roda empat harus memilih lokasi parkir yang aman agar terhindar dari tindak kriminal ataupun kerusakan pada bagian eksterior mobil.

Dalam memilih lokasi parkir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan kendaraan, khususnya selama cuaca esktrem belakangan ini.

Beberapa kejadian yang kerap ditemui selama cuaca ekstrem, misalnya mobil yang rusak akibat tertimpa pohon dan reklame karena diterpa angin kencang.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memaparkan beberapa area yang rawan dijadikan tempat parkir saat cuaca sedang tidak baik; khususnya ketika hujan dan angin kencang.

1. Parkir di area yang banyak pohon besar. Pohon rawan tumbang saat cuaca ekstrem dan bisa mengakibatkan kerusakan parah pada kendaraan atau bahkan memakan korban jiwa.

"Hal ini karena pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang, terutama saat terjadi hujan yang disertai angin kencang," ucap Jusri.

2. Parkir di area terbuka yang memiliki kontur cekung. Area ini berisiko tergenang air saat hujan deras.

3. Parkir di dekat papan reklame. Kerap disepelekan, namun dampaknya sangat berbahaya khususnya saat terjadi angin kencang.

"Basement juga aman, namun harus dipastikan bahwa lokasi gedungnya tidak berpotensi terkena banjir. Sebab pernah terjadi basement juga terendam akibat banjir," ucap Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/190100115/cuaca-esktrem-hindari-parkir-mobil-di-3-lokasi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke