Kompas.com - 08/06/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian spion mobil kembali terjadi. Baru-baru ini terjadi di kawasan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Jumat (3/6/2022) yang lalu. 

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol SLamet Riyadi menjelaskan bahwa aksi tersebut terjadi pada dini hari dan terpergok oleh petugas keamanan yang ada di area perumahan tersebut.

"Jadi pelaku sedang melintas di situ, lalu turun dari motor dan langsung mematahkan spion mobil Kijang Innova yang terparkir," ucap Slamet saat dikonfirmasi, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Mobil Pribadi Pasang Bumper Besi, Apakah Melanggar Hukum?

Dari dua pelaku, satu tertangkat namun pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Pelaku mengakui bahwa ia sudah beraksi sebanyak empat kali di kawasan Tomang dan Kebon Jeruk.

Spion yang dicuri kemudian dijual lagi ke pasar loak, dengan kisaran harga Rp 600.000 per spionnya.

Ada beberapa tindakan antisipasi yang bisa dilakukan agar kendaraan tehrindar dari pencurian spion. Salah satunya adalah dengan memperhatikan lokasi parkir mobil.

"Jika tidak punya garasi, kendaraan sebaiknya dititipkan kepada orang yang bertanggung jawab. Sehingga ada yang menjaga dan mengawasi agar terhindar dari kehilangan," ucap Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Menurut Sony, memperhatikan lokasi parkir yang aman merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah pencurian spion. 

Parkir di sembarang tempat, seperti di pinggir jalan, membuat kendaraan rawan terhadap pencurian dan kerusakan.

Baca juga: Aksi Adang Truk Makin Marak, Berujung Kematian Anak atau Remaja

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur sensor yang ada pada kendaraan, misalnya sensor getar pelengkap pada alarm. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.