Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Bahaya Mengendarai Motor Saat Hujan Deras

Kompas.com - 08/06/2022, 12:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini cuaca di Indonesia sedang tidak menentu. Sejumlah wilayah kerap diguyur hujan sehingga harus berkendara saat hujan deras.

Padahal, berkendara saat hujan deras merupakan hal tidak aman dilakukan para pengendara sepeda motor.

Baca juga: Terlibat Kecelakaan Jangan Kabur, Tabrak Lari Kena Pasal Kejahatan

Pasalnya, ada potensi kecelakaan seperti tertimpa pohon maupun benda keras. Jika sudah mulai turun hujan ada baiknya pengendara segera urungkan niat untuk bepergian.

Kendati pengendara motor sudah menggunakan peralatan hujan dengan lengkap, sebaiknya jangan melanjutkan perjalanan saat hujan deras.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, di saat berkendara di tengah hujan disertai angina, pengendara motor harus lebih berhati-hati.

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

“Seharusnya ketika sudah mulai terlihat akan turun hujan yang lebat dan berskala tinggi, sebaiknya pengendara apapun urungkan niat untuk jalan. Terutama bagi pengendara motor,” kata Sony belum lama ini kepada Kompas.com.

Sony menyarankan, bagi pengendara motor yang sudah terlanjur berada di perjalanan saat turun hujan, jangan berteduh di bawah pohon ataupun di halte yang semi permanen.

Lebih baik berteduh di tempat yang memiliki konstruksi bangunan yang kokoh seperti ruko ataupun minimarket.


“Jangan sampai berteduh di bawah pohon, penerangan jalan, ataupun bangunan-bangunan yang sifatnya tidak kokoh. Karena apabila datang embusan angin kencang, kemungkinan besar benda tersebut bisa jatuh,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

Baca juga: Kendala Besar Kendaraan Listrik, Harga Lithium Makin Mahal

Jusri mengatakan, ketika musim hujan pengendara motor wajib waspada terhadap ancaman tertimpa benda keras dari sisi atas seperti reklame, lampu penerangan jalan dan juga pohon.

Apabila terpaksa untuk berkendara, pastikan perlengkapan yang dibawa pada saat hujan sudah lengkap.

“Jangan gunakan jas hujan model ponco, karena dapat membahayakan keselamatan karena bisa masuk kedalam celah roda atau menutupi lampu rem belakang ketika berboncengan,” kata Jusri

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com