Tenaga Buas, Konsumsi BBM BMW X3 M Sport di Dalam Kota Tembus 10 Kpl

Kompas.com - 06/06/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas sisi desain dan fiturnya, kini giliran redaksi Kompas.com untuk menguji performa dari BMW X3 facelift dengan trim M Sport dengan trek dalam dan luar kota.

Untuk diketahui, mobil ini dibekali mesin TwinPower Turbo empat silinder 2 liter yang mampu menghembuskan tenaga sampai 252 dk dan torsi 350 Nm.

Tenaga yang paling besar di jajaran model X3 tersebut disalurkan melalui transmisi Steptronic 8-percepatan yang dilengkapi predictive gear shift, terhubung dengan sistem navigasi kendaraan.

Baca juga: Berubah Total, Interior BMW X3 Semakin Modern dan Lega

Desain eksterior BMW X3 xDrive 30i M SportKOMPAS.com/Ruly Desain eksterior BMW X3 xDrive 30i M Sport

Melihat data spesifikasinya, memang secara output power tidak berbeda dibanding model sebelumnya atau sebelum facelift. Tapi rasa berkendara menjadi sedikit beda karena saat ini ada pengaturan suspensi.

Pengaturan ini dilakukan secara terpisah, tapi masih satu menu dengan pengaturan stir kemudi dan mesin. Ada dua pilihan yang dilakukan pada layar pusat, yakni Sport dan Comfort.

Adapun mode berkendara pada X3, ada tiga macam yaitu Eco, Comfort, dan Sport. Secara umum bedanya pada hasil keluaran tenaga dan suara nozzle alias knalpot.

Saat kali pertama menginjak pedal gas mobil dalam mode Comfort, rasa buas begitu terasa. Putaran bawah ini sangat responsif dengan torsi yang sudah mulai terangkat di 2.000 rpm.

Memasuki lintasan lurus dan sedikit bermanuver tajam, putaran awal di mesin tidak membuat mobil begitu 'ngacir' alias masih bisa dikendalikan. Tapi Anda harus berhati-hati ketika masuk ke putaran atas, rasa agresif pada X3 kental terasa.

Dalam pengujian akselerasi 0-100 kpj menggunakan racelogic, tercatat mobil hanya membutuhkan 8 detik saja.

Baca juga: Impresi Eksterior BMW X3 xDrive 30i M Sport, Gagah dan Sporty

BMW X3 xDrive 30i M SportKOMPAS.com/Ruly BMW X3 xDrive 30i M Sport

Masuk ke mode berkendara sport, tenaganya tentu lebih buas dengan suara nozzle yang ganas. Sebab, kedua nozzle aktif baik di sebelah kanan maupun kiri-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.