Pentingnya Ritme Pedal Gas dan Kopling di Tanjakan bagi Mobil Manual

Kompas.com - 06/06/2022, 16:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Berkendara di jalan menanjak membutuhkan keahlian lebih, terutama bagi pengemudi mobil bertransmisi manual.

Menaklukan tanjakan, apalagi dalam kondisi macet memberikan tantangan dan menguji kepiawaian dari pengendara mobil manual.

Saat mobil berhenti di tanjakan, kaki kiri harus menekan pedal kopling dan kaki kanan ada di pedal rem.

Lalu, ketika mau berjalan kembali, tak sedikit pengemudi yang panik karena mobil bergerak mundur saat kaki kanan pindah ke pedal gas.

Baca juga: Bahu Jalan Tol Kerap Jadi Sumber Keributan, Sanksi Harus Dipertegas

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultang Indonesia mengatakan, awalan yang tepat saat stop and go di tanjakan adalah memastikan mobil memiliki momen yang cukup agar mesin meraih torsi maksimal. Putaran mesin disesuaikan dengan kemiringan tanjakan.

Ilustrasi mobil tak kuat menanjakFoto: Tangkapan layar Ilustrasi mobil tak kuat menanjak

"Ketika mobil berhenti di tanjakan, atur jarak aman, dengan mobil di depan. Pengemudi diimbau tidak terlalu mepet agar ada ruang. Begitu pula saat mobil sudah mulai berjalan, atur jaraknya," ujar Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Sony, teknik yang bisa diterapkan ketika berhenti di jalan menanjak yakni, tarik rem tangan, dan injak kopling.

Kemudian, saat sudah mulai akan berjalan, injak pedal gas bersamaan dengan mengangkat kopling.

Baca juga: Ini Alasan Harus Turun dari Motor Saat Mengisi BBM di SPBU

Salah seorang mobil pemudik mogok akibat tak kuat menanjak dan mendapatkan bantuan warga serta petugas Kepolisian di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Salah seorang mobil pemudik mogok akibat tak kuat menanjak dan mendapatkan bantuan warga serta petugas Kepolisian di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).

"Saat mobil bergerak maju, namun laju kendaraan tertahan, momen ini saat pas untuk melepas handrem," ujarnya.

Berbeda halnya saat mobil dalam posisi diam di tanjakan, sangat disarankan untuk tidak menggantung kopling. Sebab, kondisi tersebut akan membuat kopling aus dan usianya jadi lebih pendek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.