Kompas.com - 02/06/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil balap Formula E mengandalkan baterai sebagai sumber tenaga. Mobil listrik ini terus berkembang setiap tahunnya dengan berbagai inovasi.

Formula E memiliki iklim persaingan yang cukup setara. Sebab, beberapa bagiannya diseragamkan, seperti sasis, baterai, aerodinamika, dan lainnya.

Dr. Chris Vagg, insinyur otomotif Universitas Bath, mengatakan, ada persaingan dari segi teknologi pada bagian yang tidak diseragamkan.

Baca juga: Tiket Nonton Formula E Jakarta 2022 Masih Tersedia

"Termasuk inverter, motor, girboks, sistem kontrol brake-by-wirre, dan semua manajemen energi yang dikendalikan perangkat lunak pada mobil. Tidak ada standarisasi perangkat lunak pada mobil," ujar Vagg, dikutip dari Sciencefocus.com, Kamis (2/6/2022).

Techeetah's French driver Jean-Eric Vergne (Front) steers his car during the Rome E-Prix leg of the Formula E season 2018-2019 electric car championship in the EUR district of Rome on April 13, 2019. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Techeetah's French driver Jean-Eric Vergne (Front) steers his car during the Rome E-Prix leg of the Formula E season 2018-2019 electric car championship in the EUR district of Rome on April 13, 2019. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)

Tak jarang Formula E dibanding-bandingkan dengan Formula 1 (F1). Padahal, jika dilihat mobil yang digunakan tujuan pengembangannya berbeda.

Mobil balap Formula E dikembangkan untuk menciptakan efisiensi baterai sebaik mungkin. Sementara F1, untuk mendapatkan mobil yang paling kencang sesuai dengan regulasi.

Ada tujuh bagian pada mobil Formula E yang sangat penting yang membedakannya dengan mobil balap F1. Perbedaannya mulai dengan desain, sumber tenaga, powertrain, rem, setir, halo, hingga ban.

Baca juga: Simak Lokasi Akses Masuk buat Penonton Formula E Berdasarkan Tiket

Desain

Sasis mobil Formula E Gen2 sering disebut dengan 'Batmobile'. Bentuknya ramping dengan X-wing di belakang yang berguna untuk meningkatkan downforce dan memberikan pengendalian yang lebih responsif di trek untuk pebalap.

Untuk bagian roda yang tertutup, tujuannya adalah mengurangi turbulensi yang datang dari mobil di depan.

Anatomi mobil balap Formula EDok. Fiaformulae.com Anatomi mobil balap Formula E

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.