Honda Luncurkan Motor Trail CRF450R Edisi 50 Tahun

Kompas.com - 02/06/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda sudah lama mengikuti ajang balap motocross. Bahkan, tahun ini terhitung memasuki tahun ke-50. Untuk merayakannya, Honda meluncurkan motor trail CRF450R edisi spesial.

Untuk motocross, Honda memulainya dengan CR250M Elsinore lansiran 1973. Setengah abad berlalu, sekarang kejayaan tersebut diteruskan oleh CRF450R.

Dikutip dari Paultan.org, Kamis (2/6/2022), tahun ini juga menjadi ulang tahun yang ke-40 untuk Honda Racing Corporation (HRC).

HRC sendiri berangkat dari Honda Racing Service Centre yang bertujuan khusus untuk mengembangkan motor balap Honda.

Baca juga: Harga Motor Trail dan Adventure Naik Usai Lebaran 2022

CRF450R dan CRF450X dibangun dan dikembangkan berdasarkan masukan dari para pebalap pabrikan HRC. Pengembangan tak hanya dari segi mesin, tapi juga termasuk bagian sasis.

Honda CRF450R 50th AnniversaryDok. Paultan.org Honda CRF450R 50th Anniversary

Untuk edisi terbaru ini, Honda melakukan beberapa penyempurnaan, seperti modifikasi pada bagian intake, throttle body, valve timing, dan pengaturan Electronic Control Unit (ECU).

Throttle body yang digunakan memiliki diameter yang lebih kecil, yakni 44 mm. Valve timing juga direvisi sehingga meningkatkan torsi sampai 10 persen. Tapi, power delivery yang dihasilkan tetap halus.

Baca juga: Volta Bakal Luncurkan Motor Trail dan Naked Sport Listrik

Suspensi belakang juga mengalami peningkatan pada bagian pegas. Sedangkan suspensi depan, pengaturan damping juga disempurnakan untuk meningkatkan cengkraman ban depan.

Honda CRF450R 50th AnniversaryDok. Paultan.org Honda CRF450R 50th Anniversary

Tentunya, grafis atau livery yang digunakan juga spesial. CRF450R dibekali dengan grafis yang terinspirasi dari era '80-an, termasuk penggunaan kulit jok berwarna biru, papan nomor start warna putih, dan setang serta pelek berkelir gold.

Tentunya, motor ini hanya diperuntukkan di trek atau sirkuit. CRF450R juga menjadi motor trail andalan para pebalap MotoGP saat sedang latihan, termasuk Marc Marquez dan pebalap Honda lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.