Marquez Mundur dari MotoGP 2022, Tinggalkan Lubang Kosong di Tim

Kompas.com - 31/05/2022, 11:42 WIB

MUGELLO, KOMPAS.com - Usai GP Italia, Marc Marquez memutuskan untuk mundur sementara dari persaingan MotoGP 2022. Pebalap asal Spanyol itu akan melakukan operasi lengan kanan yang keempat.

Mundurnya Marc musim ini agar dia bisa fokus memulihkan diri usai operasi. Sehingga musim depan ketika kembali ke kelas premier, performa Baby Alien akan kembali seperti pada musim 2019.

Baca juga: 2 Pebalap Gresini Racing Siap Bangkit pada MotoGP Catalunya

Posisi Marc akan digantikan pebalap tes Stefan Bradl. Pebalap asal Jerman tersebut telah menggantikan Marc di sejumlah balapan, yakni 13 GP pada 2020, empat GP pada 2021, dan dua GP pada 2022.

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez usai terjatuh melakukan warm up atau sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez usai terjatuh melakukan warm up atau sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.

Bradl sendiri tak cukup punya konsistensi untuk menjadi juara di kelas premier. Tetapi dia akan dipercayakan dengan peran rumit untuk menguji pembaruan dan komponen baru.

Kepala kru Marquez, Santi Hernandez, mengatakan, Bradl merupakan pilihan terbaik saat ini. Bradl bertugas mengembangkan motor dan akan mendapat motor yang terbaik di lintasan.

“Saat ini kami harus meningkatkan banyak aspek motor dan mencoba memahami apa yang terjadi ketika dia kembali dan memberinya motor yang pantas dia dapatkan,” kata Hernandez mengutip Tuttomotoriweb.it, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Sergio Perez Menang GP Monaco 2022, Verstappen Ketiga

Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

“Kami harus mencoba untuk mendapatkan kecepatan dan bekerja dengan Honda untuk mengembangkan motor. Penting untuk memiliki penguji untuk menguji hal-hal yang Anda butuhkan," katanya.

Absennya Marc membawa "lubang kosong" di tim. Seperti diketahui Marc merupakan ujung tombak Repsol Honda bahkan HRC, karena hanya dia pebalap Honda yang berprestasi.

Baca juga: Sandiaga Uno Lepas Komunitas Bikers Dukung Gresini Racing

“Saat ini yang terpenting bagi saya adalah Marc telah membuat keputusan ini, saya pikir ini adalah keputusan yang tepat untuk masa depan,” kata Hernandez.

Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). AFP/JORGE GUERRERO Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022).

“Kami di sini untuk terus bekerja dan berkembang, untuk meningkatkan motor ketika kembali dan kami bisa berada di tempat yang kami butuhkan, karena berada di Honda, hasil yang kami capai bukanlah yang kami inginkan,” katanya.

Baca juga: Sergio Perez Menang GP Monaco 2022, Verstappen Ketiga

Hernandez berharap operasi keempat ini dapat membuat Marc kembali sehat. Sebab ini adalah kesempatan terakhir untuk melihat sang juara yang berhasil memenangkan enam gelar MotoGP kembali sedia kala.

"Sekarang yang paling penting adalah dia dioperasi, dia sembuh dan ketika dia naik motor dia tidak memiliki batasan itu dan bisa bersenang-senang," ungkap Hernandez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.