Jorge Martin Pecahkan Rekor Top Speed di Mugello, Tembus 363,6 Kpj

Kompas.com - 31/05/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati Desmosedici GP22 berhasil memecahkan rekor top speed pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello. Motor ini berhasil menembus kecepatan hingga 363,6 km/jam.

Rekor tersebut dicatatkan oleh pebalap tim satelit Prima Pramac Racing, yakni Jorge Martin. Motor yang kencang dengan postur badannya yang kecil sangat mendukung untuk meraih top speed tertinggi.

Baca juga: Hasil Kualifikasi GP Amerika, Jorge Martin Terdepan, Marc Marquez ke-9

Selain itu, karakter Sirkuit Mugello juga sangat mendukung. Trek lurusnya termasuk salah satu yang terpanjang, yakni 1,141 km dan terdapat turunan.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2022Dok. Pramac Racing Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2022

Biasanya, rekor top speed diraih saat sesi kualifikasi, di mana para pebalap benar-benar mencatatkan waktu tercepat dalam satu putaran.

Tapi, rekor top speed di Mugello berhasil dicatatkan saat Martin melewati lap kedua. Tentunya, dibantu juga dengan slipstream dari lawan yang ada di depannya.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

"Itu sangat berisiko, karena saat Anda masuk tikungan pertama, luar biasa bagaimana rasanya angin menggerakkan motor," ujar Martin, dikutip dari Speedweek.com, Senin (30/5/2022).

Martin menambahkan, rasanya juga sangat berdebar ketika ada pebalap lain yang posisinya dekat dengannya. Meskipun demikian, Martin tetap mengakui perasaan ketika melaju kencang sangat menyenangkan.

Rekor top speed sebelumnya dipegang oleh Brad Binder. Pebalap tim pabrikan KTM itu berhasil melaju hingga 362,4 km/jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.