Mobil Balap Formula E Dicas Pakai SPKLU Standar yang Dimodifikasi

Kompas.com - 31/05/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil listrik Formula E tidak akan bisa berjalan tanpa adanya alat pengisian ulang baterai. Casan yang digunakan pun harus memiliki spesifikasi yang khusus.

Mobil balap Formula E dibekali baterai dengan kapasitas 54 kWh. Tenaga maksimal yang dihasilkan dapat mendapai 335 dk dengan jarak tempuh hingga 100 km.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Balap Listrik Formula E, 0-100 Kpj Hanya 2,8 Detik

Untuk mengecas baterai mobil Formula E, tiap tim melakukannya hanya pada waktu yang diperbolehkan menurut regulasi balap. Tepatnya, di sela-sela kualifikasi dan balapan, serta saat sesi latihan.

Casan yang digunakan untuk Formula EDok. Arstechnica.com Casan yang digunakan untuk Formula E

Casan yang digunakan disediakan oleh Enel X, perusahaan asal Amerika Serikat, yang diberi nama JuicePump. Casan tersebut sebenarnya adalah casan yang digunakan untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di Amerika.

SPKLU Enel X standarnya hanya memiliki kemampuan 50 kW. Tapi, kemudian dimodifikasi menjadi 80 kW.

Baca juga: Mengenal Formula E Lebih Dekat, Seperti ini Regulasinya

"Kami mulai dari unit produksi yang kami modifikasi untuk motorsport, dan kami temukan banyak hal teknis untuk meningkat," ujar Alberto Venanzoni, salah satu spesialis infrastruktur pengecasan Enel X, dikutip dari Arstechnica.com, Senin (30/5/2022).

Casan yang digunakan untuk Formula EDok. Arstechnica.com Casan yang digunakan untuk Formula E

Dengan tenaga yang lebih besar, bobot yang dimiliki casan baterai mobil listrik tersebut malah berkurang. Normalnya, casan tersebut berbobot 300 kg. Tapi, untuk yang digunakan di Formula E bisa dibuat dengan bobot 200 kg.

Sebab, bobot casan juga perlu diperhitungkan, mengingat Formula E juga digelar di berbagai negara dari berbagai benua. Tujuannya adalah menggunakan casan yang juga bisa dipakai untuk mobil listrik pada umumnya, tapi dimodifikasi untuk kebutuhan balap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.