Lihat Sopir Bus Berperilaku Bahaya, Penumpang Harus Segera Ingatkan

Kompas.com - 23/05/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan bus pariwisata akhir-akhir ini kerap terjadi. Sebut saja kecelakaan maut di tol Surabaya Mojokerto, begitu juga bus peziarah yang mengalami kecelakaan di Ciamis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan bus, salah satunya adalah human error. Tidak sedikit kasus kecelakaan bus disebabkan pengemudi yang ugal-ugalan atau mengemudi dengan tidak berhati-hati.

Oleh karena itu, bagi para penumpang bus pariwisata, bisa perhatikan beberapa tips yang bisa dilakukan ketika pengemudi bus melakukan aksi yang ugal-ugalan.

Baca juga: Peran Penumpang Bus Cegah Terjadinya Kecelakaan

Lokasi kecelakaan bus pariwisata d tol Sumo, Senin (16/5/2022) pagi.Dokumentasi Ditlantas Polda Jatim Lokasi kecelakaan bus pariwisata d tol Sumo, Senin (16/5/2022) pagi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia memberikan tips untuk memilih bus pariwisata yang baik dan selamat.

"Pertama pilih travel bus yang memiliki track record baik. Kalau perlu cek kompetensi pengemudinya. Kedua, penumpang minta nomor telepon darurat ke loket, apabila pengemudi ugal-ugalan," ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian jika sudah berada di kabin dan pengemudi ugal-ugalan, penumpang bisa mengingatkan pengemudi. Selain itu, bisa juga mengancam pengemudi untuk direkam agar bisa jadi bahan laporan.

Baca juga: Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain


"Saat sudah berjalan, pastikan 30 menit pertama untuk tidak tidur, cek perilaku dan cara berkendaranya," kata Sony.

"Jangan takut untuk menegur atau mengingatkan pengemudi, penumpang punya hak untuk selamat sampai tujuan, kan sudah bayar lunas," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.