Peran Penumpang Bus Cegah Terjadinya Kecelakaan

Kompas.com - 22/05/2022, 18:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP), akhir-akhir ini sering terjadi. Misal insiden di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) beberapa waktu lalu. 

Kejadian paling baru menimpa bus yang mengakut peziarah di Tanjakan Balas, Kampung Paripurna, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, pada Sabtu (21/5/2022).

Hal yang kerap menjadi penyebab kecelakaan pada bus adalah rem yang tak bekerja alias blong atau human error .

Rem blong bisa terjadi akibat kurangnya perawatan, atau adanya tindakan keliru yang dilakukan pengemudi bus dan truk saat pengoperasiannya.

Baca juga: Diduga Rem Blong, Bus Peziarah Tabrak Rumah di Ciamis, 4 Orang Tewas

Sementara human error, bisa disebabkan dari faktor berkendara si pengemudi, kondisi fisik, atau pemilihan jalan yang tidak pas sehingga terjadi kecelakaan.

Kondisi bus Pariwisata menabrak rumah warga di Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (21/5/2022). Sebanyak empat orang tewas dan 24 orang luka-luka dalam kejadian tersebut. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Kondisi bus Pariwisata menabrak rumah warga di Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (21/5/2022). Sebanyak empat orang tewas dan 24 orang luka-luka dalam kejadian tersebut.

Sebagai penumpang, tentu tidak ingin mengalami kecelakaan. Lalu apa yang dibisa dilakukan guna mengurangi risiko tersebut?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan penumpang agar risiko kecelakaan bisa berkurang.

“Pertama, tanyakan dan pastikan ada satu pengemudi serep untuk perjalanan jauh,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Sony, sopir penggantiharus orang yang kompeten pada bidangnya dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga: MLFF Bakal Gantikan E-Toll buat Bayar Tol, Ini Perbedaan Cara Kerjanya

Selain itu juga wajib menguasai kendaraan dalam hal pengoperasian dan pengetahuan akan keselamatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.