Begini Nasib Gerbang Tol jika Bayar Nirsentuh Diberlakukan

Kompas.com - 23/05/2022, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ke depan jalan bebas hambatan alias jalan tol di Indonesia akan memakai sistem pembayaran tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF).

Dengan MLFF pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol. Saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Belakang Truk Tampil Sederhana

Cara kerja MLFF ini berbeda dengan sistem pembayaran tol konvensional. Di mana saat ini pegemudi mesti membuka kaca kendaraan kemudian melakukan tapping kartu elektronik.

Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.Dok. Kementerian PUPR Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, setelah berlaku sistem tersebut gardu atau gerbang tol akan dihilangkan.

"Lama kelamaan karena sudah terbiasa, nantinya gate itu akan dibuka. Sehingga pada 2024, tidak akan ada lagi gardu tol," katanya dalam diskusi virtual, beberapa waktu lalu.

BPJT sendiri, akan melakukan uji coba sistem pembayaran tol nirsentuh di beberapa ruas jalan tol pada akhir tahun 2022. Adapun implemetasi secara penuh akan dilakukan pada 2023.

Baca juga: Polisi Pelajari Aksi Sopir Pajero Sport yang Tampar Pengendara Yaris

"Di akhir 2023 diharapkan bisa diberlakukan 100 persen," ucap Danang.

Sistem transaksi jalan tol tanpa henti berbasis MLFF akan mulai uji coba 2022 PT JTD JAYA PRATAMA Sistem transaksi jalan tol tanpa henti berbasis MLFF akan mulai uji coba 2022

Baca juga: Bisakah Mobil Matik Melakukan Engine Brake?

MLFF bermanfaat menghilangkan waktu antrian menjadi 0 detik di gerbang tol, di mana sebelumnya dengan penggunaan uang elektronik (e-Toll) hanya mengurangi waktu transaksi maksimal 7 detik.

Kemudian, manfaat lainnya seperti efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.