Kompas.com - 23/05/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) telah membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Langah tersebut diambil sebagai upaya mendukung program percepatan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di wilayah terkait.

Ini juga sesuai dengan visi pemerintah untuk mempercepat peralihan dari kendaraan berbasis bahan bakar fosil. Khusus di Sulawesi Selatan, sudah ada tiga pengisian kendaraan listrik yang beroperasi.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Belakang Truk Tampil Sederhana

SPKLU PLNPLN SPKLU PLN

Melalui keterangan tertulis, sebagaimana dilansir Antara, Manager PLN UP3 Bulukumba Leandra Agung Tri Radi Putra menyebut ketiga lokasinya berada di kantor pelayanan dengan tegangan berbeda.

Rinciannya, di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging (25 kW), PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (5kW), dan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare (20-30 kW).

Sementara itu di Sulawesi Tenggara, PLN juga membangun SPKLU di PLN ULP WuaWua (2x25 kW). Secara kesulurahan PLN UIW Sulselrabar diketahui menyematkan teknologi fast charging pada salah satu SPKLU miliknya.

Percepatan ekosistem kendaraan listrik ini juga didukung oleh gelaran Electric Culinary Festival di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Acara tersebut diadakan selama tiga hari, yakni pada 20-22 Mei 2022.

Baca juga: Bahaya Snow Blindness Imbas Modifikasi Lampu Belakang yang Norak

Ilustrasi charging station milik BPPTKOMPAS.com/Stanly Ilustrasi charging station milik BPPT

"Kami berharap kegiatan ini, awareness masyarakat tentang keberadaan kendaraan listrik semakin meningkat," kata Agung.

"Masyarakat perlu mengetahui bahwa kendaraan ramah lingkungan bisa dijadikan solusi untuk mengurangi polusi udara, utamanya di Kabupaten Bulukumba," tambahnya.

Sekedar informasi tambahan, Electric Culinary Festival diramaikan dengan konvoi kendaraan listrik. Terhitung ada 1 unit mobil listrik dan 20 unit motor listrik yang mengikuti konvoi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.