Antisipasi Macet, Polisi Terapkan Ganjil Genap di Jalur Puncak-Cipanas

Kompas.com - 22/05/2022, 12:37 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di jalur Puncak yang menghubungkan wilayah Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur di Jawa Barat. Seperti diketahui, kawasan Puncak masih jadi lokasi favorit para wisatawan yang berasal dari Ibu Kota dan sekitarnya.

Tak heran jika lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut ramai lancar sejak Sabtu (21/5/2022) pagi, sampai Minggu (22/5/2022) petang.

Jumlah kendaraan per menit yang melintas mencapai 20 sampai 30 kendaraanm dan didominasi kendaraan bernopol ganjil asal Jabodetabek.

Baca juga: Adab Mengisi Bensin Sepeda Motor di SPBU Self Service

Situasi arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022).

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, pihaknya masih memberlakukan sistem ganjil genap untuk kendaraan dari luar kota menuju Puncak-Cipanas.

Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi macet yang kerap terjadi saat libur akhir pekan dan libur panjang. Namun penerapannya tidak seketat saat libur panjang akhir pekan.

"Untuk akhir pekan kali ini, jalur Puncak-Cianjur ramai lancar, tidak ada antrean hanya laju kendaraan tersendat di beberapa titik. Penerapan ganjil genap masih diberlakukan namun tidak terlalu ketat," ujar Doni, disitat dari Antara (22/5/2022).

Baca juga: Sensasi Naik Kendaraan Listrik Otonom di Q Big BSD

Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. PHRI setempat berharap segera direalisasikan jalur Puncak 2 sebagai upaya mengurangi beban kemacetan yang sangat berimbas pada tingkat okupansi hotel dan restoran.

Namun pihaknya tetap menyiagakan tim pengurai dan anggota Satlantas Polres Cianjur, sebagai upaya antisipasi terjadinya lonjakan arus, terutama setelah tempat wisata ditutup.

"Anggota tetap disiagakan guna antisipasi terjadinya lonjakan arus pada petang hari. Kami juga mengimbau agar pengguna jalan tetap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas saat terjadi antrean," kata Doni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.