Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku Besok, Ini 6 Ruas Jalan di Jakarta yang Terapkan Car Free Day

Kompas.com - 21/05/2022, 16:22 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) kembali diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta pada Minggu (22/5/2022) pukul 06.00 sampai dengan 10.00 WIB.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas udara Jakarta, maka HBKB akan kembali dilaksanakan dengan pola terbatas. Pelaksanaan dimulai hari Minggu, 22 Mei 2022, pukul 06.00-10.00 WIB," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo seperti dikutip NTMC Polri, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Toyota Ingin Buat Teknologi Mobil yang Bisa Dirasakan Masyarakat

 

Sebelumnya, kegiatan CFD dihentikan sejak 11 Maret 2020 untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19 yang mulai merebak di DKI Jakarta sejak 2 Maret 2020.

Sempat dibuka kembali pada Juni 2020, namun jumlah pengunjung CFD yang mendatangi area Sudirman-Thamrin membludak sehingga Pemprov DKI kembali meniadakan CFD.

Selama kegiatan, masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 sebelum memasuki area CFD.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat pada Minggu (21/6/2020). Kawasan ini sebelumnya ditutup sejak 15 Maret 2020 lalu saat pandemi Covid-19 mulai merebak di Ibu Kota.KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat pada Minggu (21/6/2020). Kawasan ini sebelumnya ditutup sejak 15 Maret 2020 lalu saat pandemi Covid-19 mulai merebak di Ibu Kota.

Baca juga: Ini Beda Marka Garis Jalan Berwarna Putih dan Kuning

"Seluruh masyarakat pengunjung HBKB yang akan beraktivitas di lokasi pelaksanaan HBKB terbatas agar memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama, serta kami imbau untuk tetap membawa masker untuk digunakan saat suasana sangat ramai," ucap Syafrin.

Berikut ini adalah 6 lokasi yang bebas kendaraan selama CFD pada Minggu (22/5/2022), mulai pukul 06.00 sampai dengan 10.00 WIB:

Jalan Jend. Sudirman-Jl MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya s.d. Patung Pemuda Membangun)
Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun s.d. CSW), Jakarta Selatan
Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang s.d. Business Hotel Tomang).

Selanjutnya, Jakarta Barat Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton s.d. GOR Sunter), Jakarta Utara Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni s.d. Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat
Jalan Pemuda (Simpang Arion s.d. Simpang TU-GAS), Jakarta Timur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com