Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Bayar Tol Nirsentuh Direncanakan Bebas Kuota Internet

Kompas.com - 21/05/2022, 13:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi pendukung sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol, yakni Cantas, direncakan menjadi aplikasi yang bebas kuota internet.

Sehingga, penerapan sistem pembayaran tol baru tersebut bisa terlaksana secara optimal untuk menekan kepadatan mobilitas dan meningkatkan efisiensi biaya operasi.

"Aplikasi ini dampaknya pada pemakaian data atau kuota internet. Jadi, terkait pemakaian data ini kita dalam proses awal untuk melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia," kata perwakilan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Tantangan Penerapan Bayar Tol Nirsentuh, dari Biaya sampai Landasan Hukum

Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).BPJT Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).

"Karena, nanti kita menjadikan aplikasi Cantas itu sebagai aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi nanti model bisnisnya seperti apa dengan opeartor, kita sedang pikirkan," lanjut dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mencoba supaya penerapan skema MLFF tidak membebani masyarakat baik dalam bentuk biaya tambahan dan lainnya.??

Mengingat, salah satu tantangan pada MLFF ialah biaya kuota internet, ketersediaan ponsel atau smartphone yang selalu terkoneksi (tidak low battery), sampai tarif penggunaan tol dan hukumnya.

"Maka dari itu, kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi, dan di dalamnya sudah ada built-in OBU-nya sehingga pengguna tol tidak perlu membeli perangkat OBU dalam bentuk fisik lagi," ucap Emil.

Baca juga: Uji Coba MLFF di Tol Disarankan Bukan ke Kendaraan Pribadi

Ilustrasi penggunaan e-toll Mandiri di gerbang tolKompasiana Ilustrasi penggunaan e-toll Mandiri di gerbang tol

Adapun mengenai sistem pembayaran via aplikasi itu, disebutkan bahwa Cantas sudah comply dengan apa yang menjadi persyaratan dari Bank Indonesia dalam melaksanakan sistem pembayaran di Indonesia.

Untuk non-exclusivity bahwa PT RITS juga tidak mengunci ke dalam satu skema ataupun satu instrumen pembayaran.

"Tetapi kita juga membuka seluas-luasnya kepada seluruh instrumen pembayaran di Indonesia untuk bergabung atau terintegrasi. Namun tentu dengan persyaratan atau eligibilitas yang harus dipenuhi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com