Kompas.com - 21/05/2022, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Boks bagasi tambahan untuk sepeda motor sudah menjadi hal yang lazim ditemui di kalangan pengendara motor. Aksesori ini bisa jadi tambahan ruang untuk menyimpan barang bawaan, dan menambah kapasitas bagasi.

Saat motor dipasangi boks tersebut, ada teknik berkendara yang perlu diperhatikan agar motor bisa tetap melaju dengan aman. Khususnya, motor yang dipasangi boks samping.

Motor dengan boks tambahan di bagian samping memakan ruang yang lebih banyak saat melaju, terutama ketika akan menyalip di antara kendaraan lain. Maka, menyalip tidak bisa dilakukan dengan sembarangan untuk menghindari potensi terserempet.

Baca juga: Buat Pengendara Motor, Ini Akibat Bonceng Tiga dan Ugal-ugalan

"Pengendara harus bisa mengendarai sepeda motornnya dengan baik, artinya telah mengerti karakter motornya. Sehingga untuk melakukan manuver apapun menjadi lebih mudah dan aman," ucap Agus pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan motor biasa yang tidak dipakaikan boks samping, motor dengan boks samping harus memprediksi dan memperkirakan jarak antara boks dengan kendaraan tersebut agar tidak terserempet.

Selain itu, Agus juga mengimbau pengendara motor untuk tidak membawa beban yang terlalu berat atau berlebih pada boks motor tersebut. Perhatikan kapasitas dan batasan beban boks motor.

Boks motorShopee Boks motor

Baca juga: Ini Beda Marka Garis Jalan Berwarna Putih dan Kuning

"Setiap boks ada ukuran maksimal jumlah beban yang bisa dimuat, semakin berat beban yang dibawa maka akan semakin sulit kita melakukan manuver," ucap Agus.

Beban boks yang melebihi kapasitas juga akan membuat motor susah melaju saat melalui jalan dengan kontur menanjak.

"Ketika beban boks terlalu berat dan melewati jalan menanjak, maka postur badan pengendara harus bungkuk ke depan agar motor tidak terangkat," ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.