Kompas.com - 17/05/2022, 18:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi pemilik sepeda motor, memastikan kendaraan terparkir di lokasi yang aman sangatlah penting.

Saat memarkirkan motor di tempat yang sepi atau jauh dari jangkauan, pemilik harus lebih ekstra hati-hati. Jika memarkirkan secara asal, motor mudah menjadi korban kejahatan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Siap Meluncur, Intip Bocoran Ubahannya

Meski motor keluaran terbaru kini telah disematkan sistem keamanan tambahan, sistem penguncian sepeda motor mudah dibobol. Hal ini kerap terjadi pada sepeda motor yang dikunci setang ke arah kiri.

“Pada prinsipnya kunci setang mau ke kanan atau ke kiri bebas saja. Tapi memang kalau menghadap ke kanan lebih susah dicuri,” kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno kepada Kompas.com.

Penampakan motor balap liar dari hasil cipta kondisi bulan ramadhanHumas Polres Mataram Penampakan motor balap liar dari hasil cipta kondisi bulan ramadhan

Dengan kata lain, mengunci setang ke arah kiri lebih memudahkan pencuri yang hendak mengambil sepeda motor.

Endro menjelaskan, saat setang motor dikunci ke arah kanan, posisi setang akan berada di atas lubang kunci.

Posisi ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencungkil kunci kontak kendaraan jika dibandingkan setang mengarah ke kiri.

Baca juga: Begini Cara Atasi Masalah Diesel Runaway

Namun, sebetulnya sama-sama baik itu mengarah ke kanan atau ke kiri, motor tetap bisa dibobol.

Hanya saja, untuk motor matik atau bebek itu posisi kunci di bawah setang sehingga saat dikunci ke arah kanan, menutup keleluasaan orang untuk mencungkil bagian kuncinya.

“Lebih kepada ruang geraknya saja, untuk sistem kerjanya sama saja, kanan maupun kiri,” kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.