Kompas.com - 17/05/2022, 18:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang baru saja melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor, ada baiknya untuk segera mengecek kondisi ke bengkel. Sebab, kondisi motor yang tidak optimal dapat berdampak pada keselamatan di jalan raya.

Ketika dipakai buat perjalanan jauh, komponen sepeda motor tentu bakal mengalami keausan, terutama kondisi pengereman.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, memaksakan memakai kampas rem yang sudah aus berdampak pada komponen lain, salah satunya membuat piringan cakram jadi baret (tergores).

Baca juga: Catat, Ini 13 Ruas Jalan di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Rem Tromol dan Rem CakramAstra Motor Rem Tromol dan Rem Cakram

“Jika piringan kampas baret maka pengereman jadi tidak sempurna,” ujar Rendra, kepada Kompas.com belum lama ini.

"Piringan cakram yang kondisi baretnya sudah parah bisa membuat pengereman menjadi tidak pakem, meskipun kampasnya sudah diganti dengan yang baru," kata dia.

Rendra juga mengatakan, jika piringan sudah baret maka saat ganti kapas baru rem tetap tidak pakem. Sebab, kampas jadi bekerja dua kali lipat seperti mencengkeram ''parutan''.

Baca juga: Enggak Perlu ke Satpas, Begini Cara Perpanjang SIM Online

"Sebab, permukaan piringan tidak rata dan menjadi kasar. Sehingga, ketika pengereman dilakukan, asbes kampas rem tergerus lebih keras. Hal ini membuat boros penggunaan kampas," ucap Rendra.

Agar bisa digunakan lebih optimal, piringan cakram yang mengalami baret cukup parah bisa diamplas atau dibubut supaya kembali halus.

Akan tetapi, efek lainnya ialah cara ini membuat piringan menjadi tipis, dan berpengaruh pada performa pengereman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.