Kompas.com - 17/05/2022, 16:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Kini setiap parikan mobil gencar memasarkan produk dengan keunggulan dan ciri khas masing-masing. Baik dari desain, fitur dan juga ukuran mobil akan berbeda satu sama lainnya.

Hal ini tentunya mempengaruhi letak komponen mobil sehingga berbeda satu sama lain. Letak tutup tangki bahan bakar minyak (BBM) setiap kendaraan roda empat tidak sama.

Baca juga: Pemesanan All New Honda HR-V Tembus 8.000 Unit, Inden Panjang

Beberapa mobil ada memiliki tutup tangki BBM di sebelah kiri, namun ada pula yang di sebelah kanan. Bahkan, mobil lawan ada yang memiliki tutup tangki BBM di bagian belakang.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan jika posisi tutup tangki BBM menjadi ciri khas tiap pabrikan mobil.

“Biasanya tutup tangki berlawanan dengan lubang knalpot. Kalau misalnya tutup tangki di kanan, lubang knalpot pasti di sebelah kiri,” kata Didi kepada Kompas.com.

Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur dan 174 unit skid tank untuk LPG serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik ditambah 11 SPBU Siaga Tol Trans - Sumatera dan empat SPBU Modular di sepanjang jalur Tol Bakauheni - Palembang.ANTARA FOTO/ARDIANSYAH Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur dan 174 unit skid tank untuk LPG serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik ditambah 11 SPBU Siaga Tol Trans - Sumatera dan empat SPBU Modular di sepanjang jalur Tol Bakauheni - Palembang.

Salah satu pertimbangannya agar titik berat mobil menjadi seimbang secara keseluruhan, dan posisinya menyesuaikan dengan desain komponen-komponen yang ditempatkan di bagian kolong mobil. 

“Ada alasan safety karena knalpot panas dan sebagainya, tapi ada juga alasan desain agar penempatannya sesuai dan cocok dengan pertimbangan-pertimbangan tadi,” kata Didi.

Baca juga: Apa Perlu Buka Kaca Jendela Mobil Saat Parkir di Ruangan Terbuka?

Sementara itu, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha mengatakan secara umum letak tangki BBM berada di tengah mobil kendati posisi peletakan tutup tangki BBM setiap mobil berbeda-beda.

“Jadi meski mulut tangki berada di kanan, belum tentu tangki ada di kanan begitu juga sebaliknya. Rata-rata mobil zaman sekarang posisinya lebih ke tengah, karena pertimbangan sudah pakai penggerak depan jadi tidak ada gardan yang menghalangi,” kata Riecky kepada Kompas.com. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.