Ini Penyebab Mika Lampu Utama Mobil Menguning

Kompas.com - 12/05/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berjalannya waktu, mika pada lampu mobil seringkali menguning. Walau terkesan sepele, namun hal ini membuat kemampuan lampu mobil jadi tidak maksimal. Visibiltas pengemudi pun jadi terganggu, terkhusus bila berkendara di malam hari.

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot, mengatakan, mika lampu yang kusam mengakibatkan sinar lampu yang terpancar menjadi kurang maksimal.

"Efeknya, jalanan yang anda lihat akan kurang jelas. Apalagi saat berkendara di malam hari atau hujan, kondisi lampu mobil kusam," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Ini Pentingnya Menyalakan Lampu Hazard Saat Mobil Berhenti Darurat

Roni mengatakan ada beberpa hal yang dapat membuat mika lampu mobil jadi lebih cepat kusam atau menguning. Salah satunya karena mika tidak kuat menahan panas yang muncul dari bohlam lampu.

Mika lampu depan kusam dan menguningFoto: Peugeot Mika lampu depan kusam dan menguning

 

Terutama bila pemilik kendaraan memasang bohlam dengan Watt yang lebih besar dari spesifikasi standar.

“Sebaiknya gunakan bohlam lampu dengan daya yang sesuai dengan standarnya. Karena gunakan daya dengan watt lebih tinggi, bohlam akan hasilkan panas yang berlebih dan dapat mengakibatkan lampu mobil anda berubah menjadi kuning,” katanya.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah Juga Ada Caranya supaya Aman

Reflektor cepat menguning juga dapat dipengaruhi lubang sirkulasi udara mampat dan sil penutup mika rusak, robek atau getas. Membuat air, debu, dan kotoran mudah masuk ke rumah lampu.

"Jika mengalami hal ini, segeralah ganti atau merapikan seal agar tidak ada celah untuk kemasukan air ataupun debu," katanya.

XL7 (kiri) - Ertiga (kanan)Kompas.com/ApridaMegaNanda XL7 (kiri) - Ertiga (kanan)

Selain itu usia lampu, faktor cuaca, jamur kaca, goresan pada mika lampu hingga faktor pemakaian juga memperngaruhi menguningnya mika lampu pada mobil.

Tak kalah penting adalah membiasakan parkir di tempat teduh untuk hindari sinar ultraviolet (sinar UV) langsung. Selain itu, upayakan selalu mencuci mika lampu setelah hujan-hujanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.