Kompas.com - 12/05/2022, 13:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan memilik rencana pertemuan dengan Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Inc, Elon Musk, dalam waktu dekat.

Hal tersebut seiring dengan agenda kenegaraan menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri KTT Asean-AS selama 11-13 Mei 2022.

Dalam rentang waktu itu, Jokowi akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris, dan para pemimpin negara Asia Tenggara, hingga para CEO perusahaan besar.

Baca juga: Maju Mundur Rencana Investasi Tesla di Indonesia, Apakah Jadi?

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagaimana dilansir YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (11/5/2022).

“Kami sedang mengatur (Jokowi dengan Elon) di mana pertemuan terkait akan terjadi. karena sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara,” kata Luhut.

"Tadi kami makan siang, nanti malam akan makan malam juga," lanjut dia.

Luhut juga mengatakan bahwa besok tim Tesla yang ada di dalam negeri akan melakukan peninjauan ke lapangan. Morowali disebut menjadi salah satu lokasi yang akan ditinjau.

Mengingat, pada 26 April 2022 lalu Elon mengungkapkan minatnya untuk bisa berinvestasi untuk membuat rantai suplai kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Dua Alasan Tesla Akan Merugi bila Tidak Investasi di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

"Mereka akan tinjau ke Morowali ke mana-mana. Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapatkan sampai hari ini," ujar Luhut.

Adapun pertemuan Jokowi dengan Musk nanti, diproyeksi akan lebih jauh membicarakan akselerasi pengembangan industri nikel plus suplai baterai kendaraan listrik.

Diketahui, Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel terbanyak di dunia. Sumber daya alam ini sendiri merupakan salah satu bahan baku utama baterai lithium-ion untuk digunakan di mobil maupun motor listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.