Mengapa Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari?

Kompas.com - 12/05/2022, 13:12 WIB
Lampu pada kabin mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaLampu pada kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem penerangan pada mobil juga tersedia di kabin. Umumnya, letak lampu kabin berada di plafon kabin.

Lampu-lampu ini memiliki banyak fungsi. Misalnya, menjadi indikator jika ada pintu mobil yang belum tertutup dengan rapat atau baik.

Selain itu, lampu kabin juga bisa membantu pengemudi atau penumpang untuk melihat lebih baik saat kendaraan memasuki area yang gelap, seperti tempat parkir basement yang minim pencahayaan.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Sendiri Kabin Mobil Usai Dipakai Mudik

Meskipun begitu, menyalakan lampu kabin mobil saat sedang berkendara di malam hari tidak disarankan, walaupun keadaan kabin mobil gelap.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa lampu kabin mobil sebaiknya tidak dinyalakan ketika berkendara di malam hari agar mengganggu penglihatan pengemudi.

"Pada malam hari keadaan di luar mobil lebih gelap, kemampuan pengelihatan keluar dapat terganggu karena adanya pantulan cahaya dari dalam mobil," ucap Sony pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi lampu pada kabin mobilpixabay/PublicDomainPictures Ilustrasi lampu pada kabin mobil

Baca juga: Jadi Varian Andalan, Seberapa Mewah Fitur All New Honda HR-V SE?

Selain mengganggu penglihatan, mematikan lampu kabin juga menjadi tindakan preventif untuk menghindarkan pengemudi dan penumpang dari tindak kriminal. Lampu kabin yang dinyalakan membuat kondisi kabin terlihat secara lebih jelas dari bagian luar mobil.

"Hal ini juga berlaku untuk bermain handphone pada malam hari di dalam mobil, karena orang di luar dapat melihat situasi dalam mobil dengan jelas," ucap Sony.

Jadi, lampu kabin mobil sebaiknya digunakan pada keadaan tertentu saja, bukan dinyalakan selama kendaraan melaju khususnya di malam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.