Adu Kencang Motor MotoGP dan MotoE Milik Ducati

Kompas.com - 12/05/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati akan menggantikan posisi Energica sebagai pemasok motor listrik untuk MotoE. Pabrikan asal Italia tersebut akan memulainya pada musim 2023.

Hingga kini, nama prototype motor tersebut masih menggunakan V21L. Berbeda dengan motor MotoGP yang menggunakan nama Desmosedici GP.

Baca juga: Motor Listrik Ducati Untuk MotoE Mulai Dites di Sirkuit Misano

Akhir tahun lalu, Ducati untuk pertama kalinya mengetes motor listrik tersebut bersama test rider-nya, yakni Michele Pirro, di Sirkuit Misano, Italia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pirro Michele (@michelepirro51)

Belum lama ini, Pirro juga terlihat mengetesnya Sirkuit Mugello, Italia, bersama Chaz Davies, pebalap Ducati di World Superbike (WorldSBK).

Dalam video yang diunggah oleh @michelepirro51, terlihat dirinya yang menggunakan V21L beradu akselerasi dengan Davies yang mengendarai GP22.

Baca juga: Michelin Terus Kembangkan Ban Balap Ramah Lingkungan untuk MotoE

Untuk tarikan awal, motor listrik tersebut tidak kalah dengan motor MotoGP. Tapi, setelah beberapa ratus meter, baru terlihat perbedaannya.

Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoEDok. Ducati Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoE

Untuk diketahui, prototype V21L merupakan hasil kolaborasi antara Ducati Corse dan desainer Ducati R&D Roberto Cane. Motor tersebut dibangun dengan performa yang tinggi dan ringan di saat yang bersamaan.

Untuk meningkatkan performa dan mengurangi bobot, Ducati juga fokus pada power delivery dan baterai. Terlihat banyak material serat karbon yang digunakan pada motor tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.