Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Penyebab Mika Lampu Utama Mobil Menguning

JAKARTA, KOMPAS.com - Berjalannya waktu, mika pada lampu mobil seringkali menguning. Walau terkesan sepele, namun hal ini membuat kemampuan lampu mobil jadi tidak maksimal. Visibiltas pengemudi pun jadi terganggu, terkhusus bila berkendara di malam hari.

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot, mengatakan, mika lampu yang kusam mengakibatkan sinar lampu yang terpancar menjadi kurang maksimal.

"Efeknya, jalanan yang anda lihat akan kurang jelas. Apalagi saat berkendara di malam hari atau hujan, kondisi lampu mobil kusam," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (7/7/2021).

Roni mengatakan ada beberpa hal yang dapat membuat mika lampu mobil jadi lebih cepat kusam atau menguning. Salah satunya karena mika tidak kuat menahan panas yang muncul dari bohlam lampu.

Terutama bila pemilik kendaraan memasang bohlam dengan Watt yang lebih besar dari spesifikasi standar.

“Sebaiknya gunakan bohlam lampu dengan daya yang sesuai dengan standarnya. Karena gunakan daya dengan watt lebih tinggi, bohlam akan hasilkan panas yang berlebih dan dapat mengakibatkan lampu mobil anda berubah menjadi kuning,” katanya.

Reflektor cepat menguning juga dapat dipengaruhi lubang sirkulasi udara mampat dan sil penutup mika rusak, robek atau getas. Membuat air, debu, dan kotoran mudah masuk ke rumah lampu.

"Jika mengalami hal ini, segeralah ganti atau merapikan seal agar tidak ada celah untuk kemasukan air ataupun debu," katanya.

Selain itu usia lampu, faktor cuaca, jamur kaca, goresan pada mika lampu hingga faktor pemakaian juga memperngaruhi menguningnya mika lampu pada mobil.

Tak kalah penting adalah membiasakan parkir di tempat teduh untuk hindari sinar ultraviolet (sinar UV) langsung. Selain itu, upayakan selalu mencuci mika lampu setelah hujan-hujanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/12/133100915/ini-penyebab-mika-lampu-utama-mobil-menguning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke