Mengendarai Motor Saat Cuaca Panas, Jangan Sampai Gagal Fokus

Kompas.com - 12/05/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu panas yang melanda Indonesia bisa memberikan tantangan tersendiri bagi para pengendara sepeda motor. Untuk dapat melaluinya, dibutuhkan trik khusus agar tetap dapat berkonsentrasi dengan baik di jalan.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG), suhu panas di Indonesia meningkat di wilayah Jabodetabek meningkat di kisaran 34 derajat Celcius sampai dengan 36,1 derajat Celcius.

Baca juga: Fitur Auto AC di Mobil Efektif Bikin Kabin Sejuk Saat Cuaca Panas

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, untuk antisipasi agar berkendara tetap nyaman saat cuaca panas, yaitu selalu gunakan riding gear yang nyaman.

Rombongan bLU cRU Fun Riding ?Road to Mandalika? touring ke Lombok Utara.Foto: Yamaha Rombongan bLU cRU Fun Riding ?Road to Mandalika? touring ke Lombok Utara.

"Terutama jaket, usahakan agar menggunakan jaket yang dapat melindungi tubuh dari cuaca panas. Gunakan jaket yang memiliki ventilasi udara yang baik ke bagian tubuh, sehingga berkendaranya tetap nyaman," kata Agus.

Agus menambahkan, begitu pun sarung tangan, carilah sarung tangan yang dapat menyerap keringat dan memiliki rongga agar angin tetap dapat masuk ke tangan.

Baca juga: Suhu Panas Indonesia, Jangan Salah Pilih Kaca Film buat Mobil

"Lalu, selalu membawa air minum saat berkendara. Jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi saat di jalan. Sehingga, dapat mengurangi konsentrasi dan kelelahan saat berkendara," ujar Agus.

Terakhir, menurut Agus, jika memungkinkan pilihlah waktu berkendara di pagi atau sore hari agar cuaca tidak terlalu panas saat di jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.