Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengendarai Motor Saat Cuaca Panas, Jangan Sampai Gagal Fokus

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu panas yang melanda Indonesia bisa memberikan tantangan tersendiri bagi para pengendara sepeda motor. Untuk dapat melaluinya, dibutuhkan trik khusus agar tetap dapat berkonsentrasi dengan baik di jalan.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG), suhu panas di Indonesia meningkat di wilayah Jabodetabek meningkat di kisaran 34 derajat Celcius sampai dengan 36,1 derajat Celcius.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, untuk antisipasi agar berkendara tetap nyaman saat cuaca panas, yaitu selalu gunakan riding gear yang nyaman.

"Terutama jaket, usahakan agar menggunakan jaket yang dapat melindungi tubuh dari cuaca panas. Gunakan jaket yang memiliki ventilasi udara yang baik ke bagian tubuh, sehingga berkendaranya tetap nyaman," kata Agus.

Agus menambahkan, begitu pun sarung tangan, carilah sarung tangan yang dapat menyerap keringat dan memiliki rongga agar angin tetap dapat masuk ke tangan.

"Lalu, selalu membawa air minum saat berkendara. Jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi saat di jalan. Sehingga, dapat mengurangi konsentrasi dan kelelahan saat berkendara," ujar Agus.

Terakhir, menurut Agus, jika memungkinkan pilihlah waktu berkendara di pagi atau sore hari agar cuaca tidak terlalu panas saat di jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/12/104200215/mengendarai-motor-saat-cuaca-panas-jangan-sampai-gagal-fokus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke