Kompas.com - 10/05/2022, 09:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemudik dengan sepeda motor yang telah kembali ke kota asal, disarankan untuk tidak lupa mengecek kendaraan, gunamemastikan dalam kondisi prima.

Meski sebelum mudik sudah melakukan servis tak ada salahnya kembali mengecek berbagai komponen. Salah satunya yaitu mengecek kondisi oli motor setelah perjalanan jauh.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, ada dua pengecekan yang bisa dilakukan, pertama dengan melihat kapasitas dan kedua kualitas olinya.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil

Para motor terbang menyapa pengguna jalan di ruas jalan Limbangan-Malangbong menyampaikan himbauan taat berlalulintas, Senin (09/05/2022)KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG Para motor terbang menyapa pengguna jalan di ruas jalan Limbangan-Malangbong menyampaikan himbauan taat berlalulintas, Senin (09/05/2022)

“Pengecekan kapasitas oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (upper) dan bawah (lower),” ucap Endro kepada Kompas.com pekan lalu.

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik), sedangkan pada motor bebek dan sport biasanya ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang.

“Mengecek kondisi oli, biasanya dilihat dari warnanya. Kalau sudah hitam atau berubah warna, sebaiknya segera diganti. Bisa juga mengganti oli dengan mengikuti jadwal periodiknya,” ujar Endro.

Baca juga: Puncak Arus Balik di Jalur Nagreg Terjadi pada H+5 Lebaran

Seorang pemudik bermotor melintas di jalur lingkar tengah Cianjur, Jawa Barat, pada musim mudik lebaran 2022.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Seorang pemudik bermotor melintas di jalur lingkar tengah Cianjur, Jawa Barat, pada musim mudik lebaran 2022.

Endro melanjutkan, jika sudah mengetahui kondisi oli, untuk mengecek kapasitasnya bersihkan terlebih dahulu tutup oli.

"Setelah dibersihkan, masukan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perku dikencangkan. Lalu ambil kembali, akan ada sisa oli di batang pengukurnya. Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, berarti kapasitas oli kurang,” katanya.

Endro juga mengingatkan, ketika mengecek kapasitas oli, motor harus menggunakan standar tengah dan di atas permukaan yang datar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.