Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pulang Mudik Pakai Motor, Jangan Lupa Cek Kondisi Oli

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemudik dengan sepeda motor yang telah kembali ke kota asal, disarankan untuk tidak lupa mengecek kendaraan, gunamemastikan dalam kondisi prima.

Meski sebelum mudik sudah melakukan servis tak ada salahnya kembali mengecek berbagai komponen. Salah satunya yaitu mengecek kondisi oli motor setelah perjalanan jauh.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, ada dua pengecekan yang bisa dilakukan, pertama dengan melihat kapasitas dan kedua kualitas olinya.

“Pengecekan kapasitas oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (upper) dan bawah (lower),” ucap Endro kepada Kompas.com pekan lalu.

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik), sedangkan pada motor bebek dan sport biasanya ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang.

“Mengecek kondisi oli, biasanya dilihat dari warnanya. Kalau sudah hitam atau berubah warna, sebaiknya segera diganti. Bisa juga mengganti oli dengan mengikuti jadwal periodiknya,” ujar Endro.

Endro melanjutkan, jika sudah mengetahui kondisi oli, untuk mengecek kapasitasnya bersihkan terlebih dahulu tutup oli.

"Setelah dibersihkan, masukan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perku dikencangkan. Lalu ambil kembali, akan ada sisa oli di batang pengukurnya. Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, berarti kapasitas oli kurang,” katanya.

Endro juga mengingatkan, ketika mengecek kapasitas oli, motor harus menggunakan standar tengah dan di atas permukaan yang datar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/10/090200215/pulang-mudik-pakai-motor-jangan-lupa-cek-kondisi-oli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke