Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil

Kompas.com - 09/05/2022, 19:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Jok mobil yang kotor akan mengganggu kenyamanan berkendara. Biasanya jok mobil rentan kotor saat pemiliknya membawa makanan atau minuman.

Selain mengganggu, jika dibiarkan terlalu lama jok mobil yang kotor akan sulit dibersihkan dan menjadi noda.

Meskipun jok mobil terdiri dari atas beberapa jenis bahan, rajin membersihkan jok atau kursi mobil menjadi salah satu cara untuk merawat mobil.

Baca juga: Begini Cara Bersihkan Karpet Mobil Sendiri Usai Digunakan Mudik

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak membersihkan jok mobil. Pertama harus melihat terlebih dahulu bahan yang digunakan oleh jok mobil.

Aftersales Astra Peugeot, Samsudin mengatakan umumnya ada dua jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain beludru dan kulit.

“Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang dapat merusak kontur jok mobil," kata Samsudin kepada Kompas.com.

Pentingnya menggunakan car seat untuk bayi dalam perjalanan.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Pentingnya menggunakan car seat untuk bayi dalam perjalanan.

Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain atau fabric sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut. Kemudian, bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman di jok mobil.

“Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda," kata Samsudin.

Kemudian, campurkan detergen dengan air hangat. Lalu, rendam busa pembersih atau spons ke dalam air yang sudah dicampur detergen. Remas busa untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok.

Baca juga: Putus Kontrak dengan MRTI, Team StyloBike Tetap Pakai Livery Batik

Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka menggunakan handuk basah tanpa sabun.

Sementara itu, untuk jok berbahan kulit tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga, gunakan cairan khusus untuk jok berbahan kulit.

“Gunakan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus,” kata Samsudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.