Begini Cara Bersihkan Karpet Mobil Sendiri Usai Digunakan Mudik

Kompas.com - 09/05/2022, 15:31 WIB
Karpet mobil pada Pajero Sport versi Ralliart HEADLIGHTMAG.comKarpet mobil pada Pajero Sport versi Ralliart

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran sudah usai, pemudik sudah mulai kembali ke rumah untuk menjalani aktivitasnya.

Namun, perjalanan jauh ke kampung halaman, tak hanya membuat kondisi bodi mobil kotor dan berdebu, tapi juga interior. Salaha satunya adalah bagian karpet bawah.

Walau terkesan sepele, kehadiran karpet berperan penting dalam kenyamanan. Sehingga wajib dilakukan pembersihan usai menempuh perjalanan jauh. 

Sayangnya, pasca-Lebaran, gerai cuci mobil belum banyak yang buka. Namun jangan khawatir, pemilik dapat membersihkan karpet mobil secara mandiri di rumah.

Baca juga: Tips Memilih Karpet Mobil yang Benar dan Aman

CEO Topcoat Indonesia Chirstopher Sebastian, membagikan tips untuk pemilik mobil yang ingin membersihkan karpet secara mandiri dengan mudah.

Karpet mobil Trapo Indonesia hadir di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Karpet mobil Trapo Indonesia hadir di IIMS Hybrid 2022

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah angkat karpet tambahan dan bersihkan karpet dasar dengan penyedot debu atau vacuum cleaner

“Bagian dek mobil dan sela-sela mobil juga harus dibersihkan dengan moncong vacuum yang lebih kecil,” ujar Christopher kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pemilik mobil juga sebaiknya berhati-hati jika memiliki karpet berbahan beludru, harus diperhatikan cara menyikatnya.

Lakukan gerakan penyikatan secara searah. Hal tersebut dilakukan agar tidak merusak bahan beludru tersebut.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Karpet Mobil Aftermarket

Ilustrasi membersihkan karpet mobilZulfana K. Rijal Ilustrasi membersihkan karpet mobil

Christopher melanjutkan, untuk karpet tambahan jika dari bahan-bahan pvc coil murni yaitu brand first class, sangat mudah pembersihannya.

“Cukup dibalik karpetnya dan ditepuk-tepuk bagian belakang karpet agar kotoran keluar, lalu semprotkan air bertekanan tinggi agar lebih bersih. Langkah terakhir jemur kapret dibawah terik matahari hingga mengering,” tambah Christopher.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.