Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil

Selain mengganggu, jika dibiarkan terlalu lama jok mobil yang kotor akan sulit dibersihkan dan menjadi noda.

Meskipun jok mobil terdiri dari atas beberapa jenis bahan, rajin membersihkan jok atau kursi mobil menjadi salah satu cara untuk merawat mobil.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak membersihkan jok mobil. Pertama harus melihat terlebih dahulu bahan yang digunakan oleh jok mobil.

Aftersales Astra Peugeot, Samsudin mengatakan umumnya ada dua jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain beludru dan kulit.

“Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang dapat merusak kontur jok mobil," kata Samsudin kepada Kompas.com.

Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain atau fabric sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut. Kemudian, bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman di jok mobil.

“Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda," kata Samsudin.

Kemudian, campurkan detergen dengan air hangat. Lalu, rendam busa pembersih atau spons ke dalam air yang sudah dicampur detergen. Remas busa untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok.

Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka menggunakan handuk basah tanpa sabun.

Sementara itu, untuk jok berbahan kulit tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga, gunakan cairan khusus untuk jok berbahan kulit.

“Gunakan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus,” kata Samsudin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/09/192100615/jangan-sembarangan-ini-cara-tepat-bersihkan-jok-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke