Kompas.com - 09/05/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mengurai kepadatan lalu lintas, kepolisian menerapkan sistem one way dan contraflow di jalan tol saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Skema rekayasa lalu lintas ini dilakukan berdasarkan penilaian kepolisian di lapangan. Ketika volume kendaraan meningkat, aturan langsung diberlakukan.

Adapun ketika volume kendaraan yang melintas turun, sistem one way dan contraflow dihentikan.

Baca juga: Perbedaan Utama Sirkuit Formula E Ancol dengan Negara Lain

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh NTMC POLRI (@ntmc_polri)

Aturan tersebut terus diperpanjang beberapa periode, sejak awal arus mudik hingga arus balik Lebaran tahun ini.

Seiring dengan berakhirnya masa libur Lebaran 2022, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, rekayasa lalu lintas itu dihentikan pada Senin, 9 Mei 2022, pukul 02.30 WIB.

“Dilaporkan pada saat ini seluruh rekayasa lalu lintas, baik one way maupun contraflow telah diakhiri, dan lalu lintas berjalan normal dari Jakarta ke Cikampek, dan Cikampek ke Jakarta,” ujar Sambodo dalam keterangannya (9/5/2022).

Baca juga: Curhatan Penumpang Tertipu Agen Bus, Dijanjikan Toilet dan Kursi Lega

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari seluruh pihak dan juga dari masyarakat, sehingga pengamanan arus mudik dan arus balik ini bisa berjalan lancar dan baik,” kata dia.

Sebelumnya, pemberlakuan ganjil genap dan one way akan diterapkan pada sejumlah ruas jalan tol di Pulau Jawa (Tol Trans-Jawa).

Misal pada arus balik pada Jumat, 6 Mei 2022, pukul 14.00-24.00 WIB dimulai dari GT Kalikangkung Km 414-Tol Cikampek Km 47 diteruskan CB Contraflow sampai Km 28+500.

Baca juga: Video Pengemudi Mobil Sedan Lawan Arah, Ditegur Malah Acungkan Jari Tengah

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek.

Kemudian pada Sabtu, 7 Mei 2022, pukul 07.00-24.00 WIB dimulai dari GT Kalikangkung Km 414 sampai GT Halim Km 3+500.

Terakhir pada Minggu, 8 Mei 2022, pukul 07.00-03.00 WIB (tanggal 9 Mei 2022) dimulai dari GT Kalikangkung Km 414 sampai GT Halim Km 3+500.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.