Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Jabar Mulai Ramai, Perhatikan Titik Rawan Kemacetan

Kompas.com - 04/05/2022, 14:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak kunjungan wisatawan di kawasan Jawa Barat diprediksi mulai terjadi pada H+2 Lebaran, Rabu (4/5/2022) hingga akhir pekan mendatang.

"Kemungkinan kunjungan wisata (terus ramai) mulai hari ini (H+2 Lebaran) sampai Sabtu-Minggu. Untuk puncaknya, saya belum bisa memprediksi kapan. Mungkin hari Jumat atau Sabtu," ucap Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana seperti dikutip Kompas Regional, Selasa (3/5/2022).

Suntana menjelaskan, beberapa kawasan wisata di Jawa Barat selalu dikunjungi wisatawan setiap momen liburan. Memasuki libur Lebaran, beberapa kawasan mengalami lonjakan kunjungan yang cukup signifikan.

Baca juga: Video Viral Penumpang Diduga Tertipu Bus Saat Mudik, Dioper-oper

"Kita ada beberapa (kawasan) tempat wisata, Bogor, Pangandaran, Pelabuhanratu, Lembang, Ciwidey dan beberapa tempat lain," ucap Suntana.

Untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, polisi akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas di kawasan wisata tersebut.

"Sehingga kami harus membagi kekuatan untuk konsentrasi di arus wisata, menjaga kenyamanan dan keamanan, juga menyiapkan kekuatan untuk menghadapi arus balik mudik Lebaran," ucap Suntana.

Kawasan wisata Lembang, Bandung Barat diserbu wisatawan, Selasa (3/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Kawasan wisata Lembang, Bandung Barat diserbu wisatawan, Selasa (3/5/2022).

Skema lalu lintas yang telah diberlakukan, misalnya sistem ganjil genap di area Bogor ataupun rekayasa one way di area Lembang.

Di area Lembang sendiri, sempat ada antrean kendaraan yang panjang hingga polisi melakukan rekayasa one way sampai sebanyak 8 kali pada Selasa lalu. Jumlah kendaraan yang masuk ke Lembang dikatakan mencapai 17.000, sedangkan yang keluar sejumlah 15.000.

Baca juga: Ketahui Bahaya Langsung Injak Rem Saat Pecah Ban di Jalan Tol

Sedangkan jalur Puncak Bogor sudah mulai dipadati wisatawan dan ada kenaikan arus kendaraan sejak hari Selasa yang lalu. Imbasnya, kepolisian sempat menerapkan sistem satu arah untuk naik ke kawasan Puncak pada pukul 07.00 WIB.

Beberapa kawasan wisata ini perlu diperhatikan karena diprediksi padat selama musim libur Lebaran, mulai hari ini hingga akhir pekan. Perhatikan juga jam operasional rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan, seperti ganjil genap dan one way.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com