Imbas Kemacetan, Ada Contraflow di Tol Jagorawi Arah Sukabumi

Kompas.com - 04/05/2022, 10:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) memberlakukan contraflow (lawan arus) di ruas tol Jagorawi arah Ciawi Rabu (4/5/2022) mulai pukul 06.30 WIB.

Kebijakan ini merupakan diskresi kepolisian guna mengurai kemacetan lalu lintas menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi.

“Pemberlakuan contraflow dimulai 4 Mei 2022 pukul 06.30 WIB pada Km 44+500 sampai dengan 46+500 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi,” ucap General Manager Representative Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Hindari Kepadatan Lalu Lintas, Pemudik Diimbau Kembali Lebih Awal

Sehari sebelumnya, yakni Selasa (3/5/2022), JMT juga memberlakukan contraflow di Km 05+000 sampai dengan Km 13+000 arah Bogor/Ciawi.

Contraflow diberlakukan untuk mengurangi kepadatan di lokasi pertemuan lalin pengguna jalan yang berasal dari Ruas Tol JORR E, Ruas Tol JORR S serta pengguna jalan dari Ruas Tol Dalam Kota dan Ruas Tol Jagorawi.

Namun, atas diskresi pihak kepolisan akhirnya menghentikan contraflow pada sore hari pukul 15.00 WIB karena kepadatan lalin telah terurai.

Situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022) pagi.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022) pagi.

Pada penerapan contraflow, Jasamarga Metropolitan Tollroad juga telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi contraflow.

Tak hanya itu, Tri juga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan.

“Dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan,” ucapnya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi 6-8 Mei 2022

Pengguna jalan juga diimbau memperbarui informasi lalu lintas dengan mengakses kanal resmi milik Jasa Marga.

Adapun kanal resmi itu melalui aplikasi Travoy 3.0, Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.