Kompas.com - 03/05/2022, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana Ibu Kota Jakarta di hari pertama Lebaran, Senin (2/5/2022) terasa berbeda. Momen setiap satu tahun sekali ini terjadi karena sebagian besar penduduknya kembali ke kampung halaman.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Senin (2/5/2022) sejak pagi pukul 06.00 WIB lalu lintas terlihat lengang walau masih ada sedikit aktivitas warga. Ruas jalan yang biasanya macet kini cenderung sepi.

Baca juga: Sampai H-4 Lebaran 2022, 1,1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Suasana Jakarta Di Hari Lebaran (2/5/2022)KOMPAS.com/Adityo Wisnu Suasana Jakarta Di Hari Lebaran (2/5/2022)

Kondisi serupa juga ditemui di tengah kota tepatnya di Jalan Sudirman dan Bundaran HI, banyak warga yang memanfaatkan momen dengan berolahraga dan berfoto di Monumen Selamat Datang.

Situasi sepi berlanjut ketika Kompas.com melalui jalan Tendean. Jalanan yang biasanya padat dengan kendaraan ini terlihat hanya dilewati beberapa kendaraan, kontras dengan hari biasa.

Hingga H-2 tercatat sebanyak 1.611.935 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H-10 sampai H-2 Lebaran 2022. Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek naik 19 persen jika dibandingkan normal periode November 2021 dengan total 1.354.453 kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.