Sudah Tahu Letak Stiker Keterangan Tekanan Udara Ban pada Mobil?

Kompas.com - 03/05/2022, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui tekanan ban kendaraan yang tepat sesuai anjuran pabrikan, khususnya pengemudi pemula atau pengemudi wanita.

Padahal, penggunaan kendaraan roda empat sudah menjadi hal yang umum di Ibu Kota. Penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui teknis mobil; salah satunya dengan mengetahui ketentuan untuk mengisi tekanan udara pada ban mobil.

Head Marketing Bengkel 1 Station Deki mengatakan, masih banyak pelanggannya yang tidak mengetahui tekanan udara untuk ban kendaraan dan tidak paham kalau ada stiker acuan yang menuliskan tekanan udara yang ideal untuk kendaraan.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pencurian Ban Serep Truk di Jalan Tol

"Setiap mobil pada umumnya memiliki stiker dengan tulisan keterangan berapa tekanan udara yang sesuai, tergantung sedang membawa berapa orang dan barang, lengkap keterangannya ada di situ," ucap Deki pada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Umumnya, stiker tersebut bisa ditemukan di pintu pengemudi, pintu penumpang depan atau pilar bagian dalam. Pada stiker tersebut, pemilik kendaraan bisa melihat tekanan udara ban saat mobil membawa penumpang ataupun barang.

Mengetahui tekanan udara yang sesuai untuk ban kendaraan sangat penting, bisa dengan melihat rekomendasi dari pabrikan yang tertera pada stiker.

Posisi stiker tekanan udara banKompas.com/Fathan Radityasani Posisi stiker tekanan udara ban

Baca juga: Menggunakan Basis Sama, Ini Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga

Jika tekanan udara pada ban berlebih atau kekurangan, salah satu efek buruknya adalah ban menjadi gundul tidak merata. Ini juga akan mempengaruhi performa mobil saat sedang dikendarai.

"Mengetahui tekanan udara ban rekomendasi dari pabrikan cukup melihat dari stiker tersebut. Informasinya sudah lengkap. Tekanan udara harus sesuai, jangan sampai kelebihan atau kekurangan udara," ucap Deki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.