Kompas.com - 02/05/2022, 10:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Ban merupakan salah satu elemen penting pada mobil. Di musim mudik seperti saat ini, pemilik mobil harus memastikan ban cadangan kendaraan dalam keadaan baik.

Namun, kejadian ban mobil bocor atau kempes menjadi kondisi umum yang dapat terjadi saat perjalanan ke kampung halaman. Oleh karena itu, peran ban cadangan atau ban serep mobil sangatlah penting saat perjalanan mudik.

Namun amankah menggunakan ban cadangan saat perjalanan mudik?

Baca juga: Bengkel Daihatsu di Jakarta yang Buka Saat Lebaran 2022

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan jika ban cadangan jenis temporary tire hanya dapat digunakan untuk kondisi tertentu saja tidak sehingga tidak bisa digunakan untuk perjalanan mudik.

Ban cadangan temporary tire hanya boleh digunakan di kecepatan dan di kondisi-kondisi tertentu saja. Ban tipe ini hanya digunakan untuk berkendara ke tempat tambal ban atau tempat ganti ban saja,” kata Sony belum lama ini pada Kompas.com.

Ban serep dengan posisi di kolong mobilKompas.com/Donny Ban serep dengan posisi di kolong mobil

Sony menjelaskan jika ban cadangan mobil memiliki ukuran dan jenis yang berbeda. Ada ban cadangan yang ada yang ukurannya sama dengan ban dipakai atau pula yang tidak.

Namun, jika menggunakan ban temporary tire ukurannya akan memang berbeda. Temporary tire menggunakan velg kaleng yang ukurannya berbeda dengan ban utama.

Maka dari itu, ban jenis ini memiliki kecepatan terbatas sehingga tidak baik digunakan untuk perjalanan mudik yang panjang dan melalui berbagai medan jalan.

Baca juga: Kemenhub Antisipasi Arus Balik pada 7-8 Mei 2022

Jika dipaksakan akan membahayakan keselamatan saat berkendara karena mobil tidak seimbang.

Agar perjalanan mudik aman, hendaknya pengemudi harus tahu apakah ban cadangan mobil memang sama ukurannya sama dengan ban yang terpasang di tempat bannya.  Atau  pastikan terlebih dahulu apakah ban tersebut adalah temporary tire atau bukan. 

“Kalau ban cadangannya adalah temporary tire, artinya ukuran dan ketebalannya akan berbeda dengan ban lainnya. Oleh karena itu, kecepatannya harus disesuaikan dengan yang tertera di side wall atau dinding ban,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.