Apakah Masalah Diplopia Mata Marquez Bakal Kambuh Tiap Kali Jatuh?

Kompas.com - 28/04/2022, 17:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertanyaan yang paling krusial dari kondisi Marc Marquez saat ini ialah, apakah masalah padangan mata berbayang atau diplopia akan kambuh tiap dia jatuh.

Angel Charte, dokter di MotoGP, mengatakan, sulit untuk menggambarkan pasti soal masalah tersebut. Namun masalah diplopia tidak selalu berkaitan dengan kejadian tertentu.

"Itu tidak berarti bahwa jika dia jatuh, dia akan memiliki penglihatan ganda lagi. Itu bisa terjadi sekarang, sepuluh tahun dari sekarang atau tidak sama sekali," kata dokter Charte mengutip Tuttomotoriweb.it, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2022, Kepadatan Terjadi di Gerbang Tol Cikampek

Pebalap Repsol Honda Marc Marqeuz ketika mengikuti sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (22/4/2022). AFP/GABRIEL BOUYS Pebalap Repsol Honda Marc Marqeuz ketika mengikuti sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (22/4/2022).

"Marquez tahu risiko yang dia jalani, dokter matanya menjelaskan semuanya dengan sempurna,” ungkap Charte.

Salah satu indikatornya ialah karena Marc pertama kali menderita diplopia pada 2011. Setelah itu dia baru merasakan masalah yang sama pada 2021 saat kecelakaan motocross.

Padahal sejak 2011 dia sudah sering jatuh, baik itu kecelakaan ringan sampai lumayan berat. Masalah diplopia kembali terjadi ketika dia mengalami gegar otak.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Rest Area dengan SPBU di Ruas Tol Trans-Jawa

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Charte mengatakan, Marc sendiri tahu bahwa risiko dia menderita diplopia bisa kembali kapan saja. Tapi apakah tiap jatuh bakal menderita diplopia maka jawabannya tidak.

Meski demikian hal ini bisa berpengaruh terhadap gaya balapnya. Sebelumnya Marc selalu tampil menekan saat balapan sehingga risiko jatuhnya besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.