Kompas.com - 28/04/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com- Akhirnya pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2022, setelah dua tahun terhalang kondisi pandemi Covid-19.

Hal tersebut disambut antusias, yang dibutikan dengan tingginya ketertarikan masyarakat untuk pulang kampung.

Bahkan sampai harini (28/4/2022) yang diprediksi menjadi puncak arus mudik, sudah terlihat kepadatan di beberapa ruas jalan tol

Nah, untuk masyarakat yang mudik menggunakan mobil pribadi, selain perlu memastikan kondisi kesahatan dari mobil, juga penting untuk memperhitungkan biaya perjalanan, salah satunya soal tarif tol

Baca juga: [VIDEO] Keseruan Tim Merapah Trans-Jawa 2022 Eksplorasi Jalur Mudik

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

Bagi pemudik yang ingin berangkat ke Semarang dari Jakarta, ada beberapa ruas yang akan dilalui via Jalan Tol Trans-Jawa. 

Dari pantauan tim Merapah Trans Jawa 2022, Kompas.com merangkum tarif tol Jakarta-Semarang untuk mudik 2022 ini.

Adapun rute Jakarta-Semarang yang dilalui oleh tim Merapah Trans Jawa 2022 yakni Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Paliman-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (GT Kalikangkung).

Baca juga: Hindari Celaka, Begini Cara Ukur Jarak Aman di Jalan Tol

Sebagai informasi, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama ASTRA Tol Cipali, sepakat meniadakan transaksi kendaraan di GT Palimanan Utama, Cirebon.

Dengan demikian, jumlah tarif kumulatif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan GT Cikampek Utama sampai GT Kalikangkung sebesar Rp 357.500.

Menyusul adanya penggabungan tarif karena dialihkannya transaksi dari GT Palimanan. Jika ditotal, tarif tol Jakarta-Semarang untuk kendaraan golongan I dengan rute tol tersebut yakni Rp 388.000.

Dengan rincian Tol Dalam Kota Rp 10.500, Tol Jakarta-Cikampek Rp 20.000 dan Tol Cikampek Utama-Kalikangkung Rp 357.500.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.