Kesulitan di Trek Basah, Gresini Racing Incar Podium MotoGP Portugal

Kompas.com - 24/04/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap tim Gresini Racing nampak kesulitan menghadapi MotoGP Portugal yang diwarnai dengan hujan. Meski demikian, tim yang disponsori banyak perusahaan Indonesia ini tetap optimistis incar podium.

Kedua pebalap tim Gresini Racing yang didukung oleh Federal Oil juga kesulitan saat menjalani sesi kualifikasi yang kondisinya setengah basah dan setengah kering. Tak sedikit juga pebalap yang terjatuh dalam kondisi tersebut di SIrkuit Portimao.

Baca juga: Mirip dengan Austin, Gresini Racing Siap Taklukkan Sirkuit Portimao

Fabio Di Giannantonio atau yang akrab disapa Diggia akan start dari posisi ke-15 dan Enea Bastianini dari posisi ke-18. Catatan waktu Diggia adalah 1 menit 49,639 detik, sedangkan untuk Enea torehkan waktu 1 menit 50,618 detik.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022

Kondisi lintasan yang mulai kering di beberapa bagian saat kualifikasi membuat Diggia berani mempertajam waktu dan bisa berada di posisi ke-15.

Diggia mengakui saat hujan sulit untuk mengembangkan talentanya dan juga memahami karakter motor Ducati Desmosedici GP21.

“Akhirnya, bermain aman dengan ban basah dan nekat gunakan slick, ternyata bisa berakhir di posisi bagus. Semoga balapan nanti kondisi sirkuit kering, meskipun belum pernah balapan di sini mengunakan motor MotoGP, setidaknya menjadi tantangan,” ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Satu Dekade Federal Oil Dukung Gresini Racing

Sayangnya, Enea yang juga menerapkan strategi seperti rekannya mengalami insiden. Padahal, catatan waktunya terus menajam dan bisa berpotensi masuk Q2. Motor bernomor 23 tersebut terempas di tikungan 5 dan membuat pergelangan tangan kanannya nyeri.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022

Enea yang saat ini masih berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2022 mengakui dirinya menyayangkan insiden tersebut dan tak bisa masuk ke Q2.

“Jatuhnya sangat keras dan sayang sekali. Kami menyiapkan motor untuk catatkan waktu dengan ban basah dan bisa bagus. Kemudian saya melihat mulai mengering dan mencoba lagi dengan ban slick," kata Enea.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022

"Saya tak bisa mempertahankan kondisi ban cukup panas dan membuat saya melebar. Pergelangan tangan kanan sangat sakit beruntung tak ada yang dikhawatirkan. Kita akan siap menyerang nanti,” ujarnya.

Enea masih berada di puncak klasemen dengan mengantongi 61 poin dan hanya terpaut 5 poin dari pebalap kedua. Sedangkan Diggia, berharap bisa mendapat poin perdananya di seri kelima MotoGP 2022, dan turut bikin bangga Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.