Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal One Way di Tol yang Dilakukan Pemprov Jabar Selama Mudik

Kompas.com - 21/04/2022, 08:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa jalan tol satu arah akan diberlakukan pada 28 - 30 April 2022.

Ia menjelaskan, 28, 29 sampai 30 April diberlakukan one way jalan tol Jakarta ke arah Cirebon dan ke arah Jawa Tengah. Kemudian, Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kendaraan dari arah Cirebon menuju ke Jakarta akan dialihkan melalui jalur arteri Pantura.

Setelah itu, disiapkan juga 400 titik pemantauan arus mudik di sepanjang wilayah Jawa Barat.

Baca juga: Biaya Tol Mudik dari Jakarta ke Yogyakarta dan Solo

"Sudah ada 400 titik pemantauan. Jadi kita siaga satu, karena kita sudah dua tahun tidak mudik. Jadi pokoknya kita hitung betul, sehingga tidak merepotkan dalam perjalanan," ucapnya, seperti dikutip Kompas Megapolitan, Rabu (20/4/2022).

Selain itu, waktu kunjungan ke area peristirahatan atau rest area untuk pemudik juga akan dibatasi, yaitu 30 menit per kendaraan yang berhenti.

"Tempat pemberhentian di rest area akan dibatasi. Yang sudah niat mudik, itu diharapkan di mobilnya disediakan perbekalan berbagai rupa. Karena kalo berhenti di sana (rest area), 30 menit harus sudah selesai," ucap Emil.

Salah satu tempat parkir dan istirahat di Rest Area KM 260BDok. Rest Area KM 260B Salah satu tempat parkir dan istirahat di Rest Area KM 260B

Baca juga: Polda Metro Memastikan Tanpa Tilang Ganjil Genap Selama Mudik 2022

Sebelumnya, rencana pembatasan waktu kunjungan ke rest area masih dikoordinasikan oleh pihak Jasamarga dengan kementerian PUPR. Pembatasan waktu kunjungan juga termasuk penerapan skema buka-tutup.

Selain itu, pemudik yang akan membeli makan di rest area juga diimbau untuk membeli secara take away atau dibawa pulang, tidak makan di tempat.

"Untuk makan, jika terpaksa masuk rest area makannya di take away saja. Kita sedang merencanakan untuk pembatasan waktu penggunaan, supaya saudara-saudara kita yang lain bisa pakai, karena yang mau pakai banyak, ada pembatasan termasuk buka tutup," ucap Dwimawan Heru Santoso, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com