Kompas.com - 20/04/2022, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Larangan mudik yang terjadi selama dua tahun lalu karena Covid-19 di tahun ini mulai berubah. Hal ini tentunya membuat banyak orang bersemangat untuk melakukan mudik di Lebaran 2022.

Yogyakarta dan Solo menjadi daerah yang diprediksi akan padat oleh para pemudik di Lebaran 2022. Bagi yang ingin mudik menuju Yogyakarta dan Solo dari Jakarta, menggunakan tol Trans Jawa dapat di pilih.

Infrastruktur tol Trans Jawa dapat memudah pemudik dari Jakarta menuju Solo atau Yogyakarta. Dengan menggunakan jalan tol perjalan akan menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Siap Jualan Lagi, Subaru Luncurkan Produk Baru Usai Lebaran

Bila tertarik mudik menuju Solo atau Yogyakarta dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu tarif tol terbaru.

Hal ini wajib dilakukan agar dapat menyiapkan dana untuk perjalanan mudik melewati beberapa gerbang tol. Saat ini pembayaran tol dilakukan menggunakan uang elektronik.

Maka dari itu, ketersediaan saldo uang elektronik haruslah tepat agar mudik tidak repot. Tidak hanya itu saja, setiap golongan kendaraan yang melintasi gerbang tol dikenakan tarif yang berbeda.

Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi. Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi.

Berikut Kompas.com kumpulkan tarif tol perjalanan dari Jakarta ke Solo atau Yogyakarta untuk kendaraan golongan I :

  • Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek): Rp 20.000
  • Tarif Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali): Rp 119.000
  • Tarif Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci): Rp 12.500
  • Tarif Jalan Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Tarif Jalan Tol Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
  • Tarif Jalan Tol Pemalang-Batang: Rp 45.000
  • Tarif Jalan Tol Batang-Semarang: Rp 86.000
  • Tarif Jalan Tol Semarang ABC: Rp 5.500
  • Tarif Jalan Tol Semarang-Solo: Rp 75.000

Baca juga: ETLE di Jalan Tol Tetap Berlaku Selama Mudik 2022, Catat Lokasinya

Tarif tol Jakarta - Jogja atau Solo 2022 tersebut berdasarkan kendaraan golongan I yang meliputi mobil sedan, minibus, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus.

Jika di total, pemudik harus menyiapkan saldo uang elektronik Rp 452.500 untuk perjalanan tol Jakarta - Jogja/ Solo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.