Arus Mudik, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Dialihkan Lewat Arteri

Kompas.com - 20/04/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan potensi kepadatan kendaraan bermotor menjelang periode mudik Lebaran 2022, Pemerintah berlakukan skema one way atau satu arah di-dari tol Cikampek KM 47 hingga tol Kalikangkung Semarang Km 414.

Alhasil, ini akan membuat warga Bandung yang hendak ke Jakarta serta Sumatera via Ibu Kota terganggu. Sehingga, pemudik perlu memikirkan lagi jalur keberangkatannya.

"Kan one way mulai 28 April 2022 pukul 5 sore, nah dari mulai 15.00 WIB kita sudah woro-woro, kita akan one way, yang benar-benar mau ke DKI Jakarta sekarang, jangan leha-leha di rest area," kata Wakapolda Jawa Barat Brigjen Bariza Sulfi, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Antisipasi Macet di Bandung Saat Mudik, Polisi Siapkan Operasi Ketupat

Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Nanti kalau dia terlalu asik bersantai dan sudah one way, harus keluar di jalur alternatif kan kasihan. Jadi akan kami ingatkan,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihak Kepolisian dan Pemerintah Provinsi memberlakukan waktu 30 menit bagi pelaku mudik yang ingin singgah di rest area. Selain, karena tujuan penerapan protokol kesehatan khususnya jelang buka puasa.

Ia pun mengimbau supaya setiap pemudik membekali mobilnya dengan makanan yang cukup dan seluruh hal bersifat emergency. Jadi, tak harus singgah di rest area apabila waktu berbuka tiba.

“Maka aturan 30 menit saya kira memadai,” katanya.

Baca juga: Jurus Irit BBM Saat Mudik Lebaran 2022, Pakai Mobil Hybrid

One Way saat mudik lebaranKOMPAS.com One Way saat mudik lebaran

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bila adanya pemberlakuan one way akan membuat masyarakat Bandung yang mudik di tanggal terkait bakal dialihkan.

“Yang dari Bandung di tanggal itu akan diatur tidak melalui jalan tol tapi melalui jalan-jalan primer, arteri atau jalan-jalan biasa,” katanya.

Lalu dalam periode tersebut, ia juga memprediksi bahwa dari total 85,5 juta pemudik akan ada 14,9 juta masyarakat yang mudik ke Jawa Barat dan ada 9,2 jutaan warga Jabar yang mudik keluar daerahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.