Kompas.com - 20/04/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung telah mempersiapkan Operasi Ketupat 2022 untuk mengantisipasi kepadatan saat mudik Lebaran mendatang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung Kompol Rislam Harfiah menjelaskan, beberapa hal yang sudah disiapkan termasuk fasilitas di jalur mudik dan penentuan titik jalur yang diprediksi akan mengalami kepadatan.

Fasilitas yang dimaksud ialah pos pengamanan, baik pos terpadu, posyan maupun pospam, yang ditempatkan di jalur mudik maupun jalur balik.

Baca juga: Warga dengan KTP Non-Jakarta Bisa Ikut Mudik Gratis

Sedangkan fasilitas yang yang akan menjadi lokasi koordinasi adalah Pos Lantas Cileunyi Polresta Bandung. Rislam mengatakan, nantinya penanganan kemacetan di jalur arus mudik, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi dan lembaga yang lain.

"Sekarang kebetulan kita ada di Pos Terpadu Cileunyi, ini adalah titik koordinasi besar Polresta Bandung, nantinya akan dijadikan tempat koordinasi dengan instansi terkait, ada teman-teman dari Dishub dari BPBD, Dinas Kesehatan dan Instansi lainnya, karena di sini juga ada Gerai Vaksin, dan Pospam," ucap Rislam seperti dikutip Kompas Regional, Selasa (19/4/2022).

Rislam memprediksi kepadatan arus mudik, khususnya pemudik di luar Jawa Barat akan terjadi dua hari sebelum Idul Fitri. Sedangkan untuk pemudik lokal yang berada di wilayah Jawa Barat, akan terjadi satu hari sebelum Idul Fitri.

Sebelum-sebelumnya, dua hari jelang Idul Fitri Tol Cileunyi sudah mulai terjadi kepadatan, karena pemudik dari luar Jawa Barat.

Untuk antisipasi kemacetan, Rislam menjelaskan pihaknya sudah mempersiapkan beberapa langkah seperti pengalihan arus.

Ilustrasi jalan tol.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Ilustrasi jalan tol.

"Kami sudah koordinasi dengan teman-teman Jasa Marga untuk memainkan gerbang tol antisipasi kepadatan, baik arus mudik dan balik," ucap Rislam.

Skema ini sifatnya situasional, atau bisa saja terjadi perubahan yang tak sesuai rencana. Namun, Rislam mempercayakan danakan menjalankan skema yang sudah disiapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.