Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Mudik, Ini Biaya Tol dari Jakarta ke Semarang

Kompas.com - 20/04/2022, 14:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Jelang lebaran, mudik ke kampung halaman menjadi hal yang telah dipersiapkan oleh banyak orang. Mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil sudah menjadi hal yang umum di Indonesia.

Jalan tol menjadi ruas jalan yang dilalui oleh banyak pengendara saat musim mudik tiba. Dengan menggunakan jalan tol, mobilitas menjadi lebih cepat dan juga bebas hambatan.

Tol Jakarta-Semarang menjadi jalan yang akan dipadati oleh kendaraan yang akan mudik. Tarif tol sendiri kerap alami perubahaan. Oleh karena itu, agar mudik lancar hendaknya selalu mengecek tarif tol Jakarta-Semarang.

Baca juga: KRL Tabrak Mobil di Depok, Sopir Diduga Nekat Terobos Palang Pintu

Jalan tol Jakarta-Semarang merupakan ruas jalan yang terhubung dengan Tol Trans Jawa. Sekadar informasi, besaran tarif tol Trans Jawa tahun ini berbeda dengan tarif tol dua tahun yang lalu. Untuk itu, jalan tol Jakarta-Semarang juga ikut mengalami perubahan tarif.

Bagi yang ingin pergi ke Semarang dari Jakarta, pemudik akan melewati ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (Kalikangkung), dan Semarang ABC.

Cek tarif tol Jakarta-Semarang terbaru untuk persiapan mudik Lebaran Idul Fitri 2022 Shutterstock/ Akhmad Dody Firmansyah Cek tarif tol Jakarta-Semarang terbaru untuk persiapan mudik Lebaran Idul Fitri 2022

Setiap gerbang tol memiliki tarif yang berbeda, maka dari itu pemudik harus mengetahuinya harga dari setiap gerbang tol untuk mengisi uang elektronik atau kartu tol.

Tidak hanya itu saja, tarif tol juga dibedakan berdasarkan golongan kendaraan. Untuk golongan 1 yaitu meliputi sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus.

Baca juga: Belum Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ditilang? Ini Penjelasan Polisi

Berikut ini Kompas.com kumpulkan tarif tol perjalanan dari Jakarta ke Semarang untuk kendaraan golongan I :

  • Tol Jakarta-Cikampek (Japek) : Rp 20.000
  • Tol Cikopo-Palimanan : Rp 119.000
  • Tol Palimanan-Kanci : Rp 12.500
  • Tol Kanci-Pejagan : Rp 29.500
  • Tol Pejagan-Pemalang : Rp 60.000
  • Tol Pemalang-Batang : Rp 45.000
  • Tol Batang-Semarang (Kalikangkung) : Rp 86.000
  • Tol Semarang ABC : Rp 5.500


Pemudik dari Jakarta yang keluar tol di Gerbang Tol Batang-Semarang (Kalikangkung) maka perlu menyiapkan uang elektronik atau kartu tol sejumlah Rp 372.000.

Apabila pemudik keluar tol di Gerbang Tol Semarang ABC, maka saldo elektronik atau kartu tol harus terisi sebanyak Rp 377.500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com