Impresi Honda Civic RS di Perkotaan, Tetap Ganas tapi Lebih Sopan

Kompas.com - 19/04/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Civic RS generasi terbaru memiliki pendekatan yang beda dibanding model sebelumnya, lebih modern ketimbang sporty. Sehingga, cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Walau begitu, pengalaman berkendara yang dihadirkan salah satu model legendaris Honda tersebut tetap menyenangkan karena didukung beragam fitur, seperti paddle shift dan driving mode.

Demikian hal yang dirasa oleh redaksi Kompas.com setelah menjajal Civic RS terbaru di dalam kota selama beberapa hari.

Baca juga: Kecanggihan Honda Civic RS, Cocok Jadi Mobil Harian

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Lebih jauh, performa atas mesin 1.5L DOHC VTEC Turbo pada mobil yang mampu mengembuskan tenaga maksimum 178 PS dan torsi 240 Nm itu sangatlah terasa, baik dalam putaran rendah maupun menengah.

Bahkan, dalam keadaan stop-and-go, tidak butuh usaha lebih agar mobil bisa bergerak sesuai keinginan. Saat menyalip, pengemudi juga cukup bejek pedal gas sebentar karena mesin langsung memberi respons.

Apabila pengemudi membutuhkan tenaga lebih, geser mode berkendara yang pengaturannya ada di konsol tengah ke sport mode. Diketahui, pada mobil ini ada tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Ketiganya itu memiliki karakter yang berbeda, tetapi tarikan yang diberikan tetap ganas. Jambakan yang dihasilkan ketika kami menggunakan mode Sport sudah terasa sejak rpm berada pada angka 3.000 rpm-3.500 rpm.

Baca juga: Bahas Desain dan Tongkrongan Honda Civic RS

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Sedangkan mode Normal dan juga Eco memiliki tarikan yang halus di awal, meski ujung-ujungnya mode ini sama sama ganas untuk tarikan atas.

Namun, entah mengapa, meski menggunakan mode sport suara dari muffler atau yang dihasilkan oleh mobil tidak begitu ganas atau agresif seperti generasi sebelumnya. Jadi terasa lebih 'sopan'.

Untuk urusan keselamatan, mobil in sudah hadir dengan berbagai teknologi keselamatan yang canggih, Honda Sensing salah satunya. Honda Sensing Sendiri hadir dengan berbagai fitur, seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Selain itu, ada pula Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto-High Beam.

Memang penggunaannya tak selalu maksimal karena begitu tergantung dengan kondisi jalanan. Paling ideal, semua fitur itu bisa dirasakan di jalur tol.

Saat menggunakan semua fitur itu, rasa berkendaranya seketika berbeda. Sangat mudah untuk mengendalikan mobil dengan pengaturan yang tak sulit alias effortless.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.